Anime Bungo Stray Dogs: Dead Apple

Anime ‘Bungo Stray Dogs: Dead Apple’ Perdengarkan Lagu Pembuka yang Dinyanyikan oleh GRANDRODEO

Posted on

GRANDRODEO dan Luck Life sepertinya tidak bisa dipisahkan dengan anime beraroma detektif ini, kenyataan ini terbukti dalam video komersial yang mereka tayangkan pada Kamis, 25 Januari 2018. Di kedua video tersebut GRANDRODEO menyanyikan lagu pembuka berjudul “Deadly Drive”

Sinopsis Anime Bungo Stray Dogs: Dead Apple

Film ini menceritakan tentang sebuah kasus misteri dari pengguna kekuatan khusus (supranatural) di seluruh dunia yang secara tiba-tiba satu persatu melakukan bunuh diri, dan kasus bunuh diri tersebut selalu berkaitan dengan kemunculan kabut aneh di tempat kejadian. Atas permintaan Ango Sakaguchi, Agensi Detektif Bersenjata beraksi untuk menyelesaikan kasus ini dengan menyelidiki Tatsuhiko Shibusawa, seorang pengguna kekuatan khusus yang menyebut dirinya “kolektor”, dan seorang pria yang diduga terkait dengan insiden tersebut.

Anime Bungo Stray Dogs: Dead Apple’

Film yang akan ditayangkan pada tanggal 3 Maret 2018 ini dikerjakan oleh Takuya Igarashi yang kembali menyutradarai anime movie di studio BONES. Yoji Enokido kembali menulis naskah film, dan berkolaborasi dengan sang mangaka asli yaitu Kafka Asagiri. Nobuhiro Arai juga kembali sebagai desainer karakter sekaligus sebagai kepala direktur animasi, Fumihiro Katagai menjadi desainer mekanik, dan Taku Iwasaki juga kembali untuk menggubah musik. Dan yang mendistribusikan film movie ini adalah Kadokawa Animation.

Tidak hanya para staf yang kembali untuk mengerjakan anime movie ini, para seiyuu di anime sebelumnya juga kembali untuk mengisi suara tokoh-tokoh dalam Bungo Stray Dogs: Dead Apple:

  • Yūto Uemura sebagai Atsushi Nakajima
  • Mamoru Miyano sebagai Osamu Dazai
  • Kensho Ono sebagai Ryūnosuke Akutagawa
  • Kishō Taniyama sebagai Chūya Nakahara
  • Sumire Morohoshi sebagai Kyōka Izumi
  • Yoshimasa Hosoya sebagai Doppo Kunikida
  • Hiroshi Kamiya sebagai Ranpo Edogawa
  • Toshiyuki Toyonaga sebagai Junichirō Tanizaki
  • Hiroyuki Kagura sebagai Kenji Miyazawa
  • Yu Shimamura sebagai Akiko Yosano
  • Chiaki Omigawa sebagai Naomi Tanizaki
  • Rikiya Koyama sebagai Yukichi Fukuzawa
  • Mitsuru Miyamoto sebagai Ougai Mori
  • Sora Amamiya sebagai Elise
  • Junichi Suwabe sebagai Sakunosuke Oda
  • Jun Fukuyama sebagai Ango Sakaguchi
  • Akira Ishida sebagai Fyodor Dostoyevsky

Selain para seiyuu di atas muncul pemeran tambahan yaitu Kazuya Nakai yang berperan sebagai Tatsuhiko Shibusawa. Karakter baru ini diberi nama yang sama dengan seorang penulis novel dan translator Jepang yang terkenal yaitu Shibusawa Tatsuo yang memiliki nama pena Tatsuhiko Shibusawa.

Anime Bungo Stray Dogs: Dead Apple’

Anime televisi pertama yang diangkat dari manga Bungo Stray Dogs karya Kafka Asagiri dan Sango Harukawa ini ditayangkan pada bulan April-Juni 2016. Sedangkan untuk season 2 yang terdiri dari 12 episode ini ditayangkan dari bulan Oktober-Desember. Funimation dan Crunchyroll berencana merilis serial ini pada home video dengan dubbing Inggris.

Anime bergenre supernatural, comedy, mistery, dan seinen ini bersetting di kota fiksi bernama Yokohama dengan karakter-karakter yang memiliki nama yang sangat tidak biasa seperti anime pada umumnya. Semua karakter disini memiliki masa lalu yang menarik dan banyak yang masih mengandung misteri. Tak hanya itu saja, semua nama tokoh dalam anime ini diambil dari nama-nama sastrawan papan atas seperti Atsushi Nakajima, Osamu Dazai, Doppo Kunikida,  bahkan Agatha Christie dan lain sebagainya.  Sebagai contoh dalam dunia nyata, Ryuunosuke Akutagawa menulis cerita yang dipuji oleh film Rashoumon buatan Akira Kurosawa dan seri anime Aoi Bungaku di cerita Jigoku Hen. Dalam Bungo Stray Dogs, Akutagawa memiliki kemampuan untuk merubah jubahnya menjadi semacam monster yang mampu menelan ruang dan waktu yang ada disekitarnya, dan kemampuannya ini dinamakan Rashoumon.

Penjelasan Karakater Bungo Stray Dogs: Dead Apple:

Atsushi Nakajima (seiyuu: Yūto Uemura)

Atsushi adalah tokoh utama dalam anime ini, dia memiliki kemampuan Gekkajū (Beast Beneath the Moon), sebuah kemampuan yang mengubahnya menjadi harimau putih yang sangat kuat dengan regenerasi yang cepat. Awalnya, Atsushi tidak bisa mengendalikan kekuatannya namun, dia akhirnya bisa mengendalikan kekuatannya itu sejak resmi bergabung dengan Agensi Detektif Bersenjata. Atsushi yang sebatang kara karena ditendang oleh panti asuhan tempat tinggalnya kemudian ditemukan oleh Dazai, dan itulah awal dari kisah kehidupannya bersama teman-teman berharganya.

Osamu Dazai (seiyuu: Mamoru Miyano)

Dazai adalah orang yang membawa Atsushi untuk bergabung dengan Agensi Detektif Bersenjata. Cowok flamboyan dan santai ini dengan sempurna menutupi masa lalunya yang pernah menjadi anggota eksekutif termuda dalam sejarah Port Mafia. Orang yang selalu bersikap ramah dan baik hati ini sebenarnya adalah orang yang berbahaya, terbukti karena ‘seorang’ Akutagawa dan Mori Ougai selaku ketua Port Mafia, mengakui kekuatan dan kejeniusannya. Kemampuannya adalah Ningen Shikkaku (No Longer Human) yang membuatnya bisa menetralisir semua kemampuan supranatural.

Doppo Kunikida (seiyuu: Yoshimasa Hosoya)

Kunikida adalah partner kerja Dazai, yang selalu marah dengan sifat Dazai. Mantan guru matematika ini memiliki standar tersendiri dalam segala hal di kehidupannya yang ia tulis di buku catatan kecil yang selalu dia bawa kemana-mana. Kemampuannya adalah Doppo Ginkaku (Lone Poet) yang membuatnya bisa menciptakan eksistensi atau berbagai barang dan senjata apapun yang dia tulis di buku catatatnnya itu selama barang tersebut tidak lebih besar dari buku itu sendiri.

Junichirō Tanizaki (seiyuu: Toshiyuki Toyonaga)

Tanizaki adalah anggota Agensi Detektif Bersenjata yang seumuran dengan Atsushi. Kemampuannya adalah Sasameyuki (Light Snow), yang membuatnya bisa memproyeksikan ilusi (berbentuk seperti salju yang turun berwarna hijau) di area tertentu. Meskipun Tanezaki tidak menyukai sikap adiknya yang brother complex, namun dia akan marah besar jika ada yang menyakitinya.

Ranpo Edogawa (seiyuu: Hiroshi Kamiya)

Ranpo adalah salah satu anggota dari Agensi Detektif Bersenjata, dan merupakan anggota yang paling banyak memecahkan kasus. Kepribadiannya tampak sombong dan suka dipuji, namun sebenarnya dia adalah orang baik yang juga mementingkan kebaikan orang lain. Dia menyebut kemampuannya dengan Chō Suiri (Super Deduction), namun sebenarnya itu bukanlah kemampuan seperti yang dimiliki anggota lainnya, hanya saja dia memiliki tingkat kepintaran dan kejelian yang sangat tinggi.

Kenji Miyazawa (seiyuu: Hiroyuki Kagura)

Kenji adalah anggota Agensi Detektif Bersenjata yang berasal dari pedesaan, sifatnya sangat periang dan optimis. Dia juga selalu berbaik sangka dengan semua orang bahkan dengan para penjahat sekalipun. Kemampuannya bernama Ame ni mo Makezu (Undefeated by Rain), yang memberikannya kekuatan super, namun kemampuan ini hanya aktif ketika dia lapar, dan jika merasa kenyang, maka dia akan tertidur.

Akiko Yosano (seiyuu: Yū Shimamura)

Dia adalah satu-satunya dokter di Agensi Detektif Bersenjata. Kemampuannya bernama Kimi Shinitamou koto nakare, dengan kemampuan ini dia bisa menyembuhkan orang lain dan bahkan dirinya sendiri, tapi kemampuan ini hanya bekerja ketika orang yang akan disembuhkan itu sudah dalam kondisi sekarat atau setengah mati, jadi dia biasanya melukai objeknya dulu sampai parah hingga kemudian baru menyembuhkannya. Hal ini membuat rekan kerjanya takut padanya.

Yukichi Fukuzawa (seiyuu: Rikiya Koyama)

Dia adalah Presiden dari Agensi Detektif Bersenjata, penampilannya yang serius dan raut wajah yang menakutkan membuatnya ditakuti oleh anak buahnya, namun sebenarnya dia adalah orang yang sangat baik. Kekuatannya bernama Hito no Ue ni Hito wo Tsukurazu (All Men Are Equal). Kekuatan ini sangat berguna bagi para anak buahnya terutama yang belum bisa mengendalikan kekuatan mereka, dalam kasus ini seperti Atsushi dan Kyōka, karena kemampuan ini dapat mengurangi pengeluaran kemampuan orang lain di dalam Agensi.

Kyōka Izumi (seiyuu: Sumire Morohoshi)

Seorang gadis yatim piatu yang dibawa oleh Port Mafia dan dijadikan sebagai pembunuh, tapi setelah Atsushi mengalahkan Akutagawa, dia berhasil dibawa masuk ke Agensi Detektif Bersenjata. Kekuatannya bernama Yasha Shirayuki (Demon Snow), kemampuan ini berwujud seperti wanita yang membawa pedang, awalnya dia tidak bisa mengontrol kekuatannya, namun setelah resmi menjadi anggota Agensi Detektif Bersenjata, akhirnya dia bisa mengontrol Yasha Shirayuki dengan baik.

Naomi Tanizaki (seiyuu: Chiaki Omigawa)

Adik Junichiro yang sangat melekat padanya dan tahu segala hal tentang kakaknya. Dia juga anggota dari Agensi Detektif Bersenjata namun dia bukanlah pengguna kemampuan seperti anggota lainnya.

Ryūnosuke Akutagawa (seiyuu: Kenshō Ono)

Akutagawa adalah anggota dari Port Mafia yang ditakuti, kekuatannya bernama Rashomon, dengan kekuatan ini dia bisa merubah jubahnya menjadi semacam monster yang mampu menelan ruang dan waktu yang ada disekitarnya. Akutagawa dikenal sangat merepotkan entah itu di pihak lawan maupun kawan. Sikapnya memang seperti tokoh antagonis pada umumnya namun, di balik setiap kelakuannya, sebenarnya dia hanya menginginkan pengakuan oleh Dazai.

Chūya Nakahara (siyuu: Kishō Taniyama)

Dia merupakan anggota eksekutif Port Mafia, dan mantan partner Dazai. Sebenarnya dia sangat depresi ketika Dazai menghilang dari Port Mafia namun dia tidak mau mengakuinya. Kemampuannya bernama Yogoretsu Chimatsuta Kanashimi ni (For the Tainted Sorrow), yang membuatnya bisa mengendalikan grafitasi.