Manga Gintama

Manga ‘Gintama’ Apakah Akan Segera Berakhir!??

Posted on

Manga Gintama nampaknya akan menyusul  manga Naruto, Bleach dan Fairy Tail yang sudah tamat beberapa waktu yang lalu, hal ini terbukti pada hari Senin, 29 Januari 2018 dalam majalah edisi kesembilan Weekly Shonen Jump Shueisha tahun ini mengungkapkan bahwa manga Gintama akan mencapai “klimax” di arc terakhir dalam majalah edisi kesepuluh yang akan mengudara pada tanggal 5 Februari nanti. Majalah Weekly Shonen Jump edisi kesepuluh itu sendiri nantinya akan merayakan ulang tahun manga Gintama yang ke-14. Pada edisi ini, Gintama akan dijadikan sampul utama,dan chapter tersebut akan menampilkan sebuah halaman berwarna.

Manga Gintama

Anime Gintama awalnya adalah sebuah manga karya Hideaki Sorachi yang mulai dipublikasikan pada tahun 2004 dan terus menduduki peringkat di antara manga terlaris Jepang. Manga tersebut berhasil dicetak lebih dari 50 juta kopi di negara asalnya. Viz Media kemudian menerbitkan 23 volume pertama dalam bahasa Inggris. Dan Shueisha menerbitkan volume ke-71 pada 4 Desember 2018. Manga Gintama memasuki arc akhirnya pada bulan Juli 2016.

Versi anime dari manga Gintama yang ditayangkan saat ini adalah Gintama 2017 yang mulai ditayangkan pada 1 Oktober 2017, anime ini diawali dengan “Arc Porori” dan mulai memasuki arc “Silver Soul” yang merupakan arc terakhir dalam manga pada 7 Januari 2018. Gintama 2017 bisa disaksikan di Crunchyroll yang juga pernah menayangkan anime sebelumnya saat ditayangkan di Jepang. Manga orisinal Gintama kemudian melahirkan 2 film/movie anime, termasuk movie Gekijōban Gintama Kanketsu-hen: Yorozuya yo Eien Nare “final” yang ditayangkan pada tahun 2013 dan berbagai OVA serta event anime. Selain itu, manga orisinal Gintama juga melahirkan sebuah film live-action yang ditayangkan di Jepang pada 14 July 2017, film ini akan mendapatkan sebuah sekuel di musim panas tahun ini.

Sinopsis Anime Gintama:

Anime komedi ini bersetting di Edo yang telah ditaklukkan oleh alien “Amanto”, kisah ini mengikuti kehidupan sehari-hari karakter utama yaitu seorang samurai bernama Gintoki Sakata (Shiroyasha), yang bekerja sebagai freelancer untuk mengerjakan segala macam pekerjaan bersama dengan teman-temannya, Shinpachi Shimura, Kagura dan seekor anjing besar bernama Sadaharu di Yorozuya. Meskipun Gintoki dikenal sebagai pria pengangguran dan pemalas yang hobi membaca Jump (komik) namun, dia adalah seorang samurai yang pernah berjuang dalam Perang Joui ketika Amanto menyerang Edo (bumi) dan dia adalah samurai andalan yang hebat. Bersama dengan kedua temannya, Gintoki menjaga Edo dengan kekuatan mereka, tak jarang pula mereka bertiga bekerjasama dengan Shinsengumi.

Manga Gintama

Karakter-karakter Anime Gintama:

Gintoki Sakata (seiyuu: Sugita Tomokazu)

Gintoki adalah pendiri sekaligus presiden Yorozuya dan juga seorang samurai yang hebat. Dia adalah mantan Pejuang Joui yang bertarung dalam Perang Joui di masa lalu. Selama berperang, dia dikenal dengan sebutan Shiroyasha (Iblis Putih) karena keahlian berpedangnya dan penampilan serba putih dengan aura buasnya seperti iblis. Meskipun sekarang menjadi seorang pengangguran yang malas, dia tetap menolong orang yang ia anggap benar. Dari kecil, Gintoki sudah terlibat dalam peperangan hingga kemudian diangkat menjadi murid oleh Yoshida Shouyou dan berteman dengan Katsura serta Takasugi, namun sayang sekali pada akhir Perang Joui sang guru harus mati, dan tanpa mereka ketahui, Yoshida Shouyou yang dikenal sebagai orang yang sangat baik hidup kembali menjadi Utsuro sebagai musuh utama.

Shimura Shinpachi (seiyuu: Sakaguchi Daisuke)

Adalah seorang anggota Yorozuya, dan salah satu dari 3 protagonis utama. Meskipun sering berteriak-teriak mengomentari atau memarahi orang lain, sebenarnya Shinpachi merupakan satu-satunya anggota Yorozuya yang normal. Selain bekerja di Yorozuya, Shinpachi juga menjadi pemimpin fanclub Terakado Tsuu yang isinya adalah para fans penyanyi solo terkenal bernama Terakado Tsuu.

Kagura (seiyuu: Rie Kugimiya)

Merupakan protagonis wanita utama dalam serial Gintama dan satu-satunya wanita dalam Yorozuya. Dia adalah ras Yato yang memiliki ciri khas kekuatan fisik sangat kuat dengan penampilan seperti orang Cina yang membawa payung. Kagura memiliki masa lalu pahit karena ditinggal mati oleh ibunya dan kakaknya, Kamui yang pergi untuk bergabung dengan Harusame (kelompok bajak laut luar angkasa). Selain itu, ayahnya juga selalu bepergian ke segala planet dan dikenal dengan nama “Umibōzu”.

Sadaharu (seiyuu: Takahashi Mikako)

Sadaharu adalah seekor anjing putih raksasa yang menyerupai kucing, dia adalah hewan piaraan di Yorozuya namun keberadaannya lebih seperti maskot bagi mereka. Setelah beberapa episode berlalu, ternyata identitas asli Sadaharu pun terungkap, dia sebenarnya adalah Inugami (anjing dewa) yang bisa berubah menjadi Jyushin (dewa buas). Dulu, Sadaharu bersama dengan dua gadis kuil hidup bersama untuk menjaga Koryumon (gerbang naga) namun, Amanto datang dan mengusir mereka serta membangun terminal di atas Koryumon tersebut dan mereka pun kehilangan pekerjaan.

Katsura Kotarou (seiyuu: Ishida Akira)

Katsura atau biasa dipanggil Zura adalah pemimpin Joui sekaligus buronan utama Shinsengumi. Meskipun dia buronan namun, Katsura bukanlah tokoh antagonis dalam cerita, dia adalah salah satu sahabat lama Gintoki yang berjuang dalam Perang Joui di masa lalu. Katsura bahkan bekerjasama dengan Yorozuya dan Shinsengumi untuk menyelamatkan Kondo Isao dalam arc Farewell Shinsengumi.

Elizabeth (seiyuu: Furuya Tōru)

Makhluk yang memakai kostum bebek ini adalah tangan kanan terpercaya Katsura, dia adalah amanto sekaligus anggota Joui yang dipimpin Katsura. Elizabeth selalu di sisi Katsura dan sangat setia padanya, dia sering menyelamatkan pemimpin Joui tersebut dalam banyak kesempatan. Anggota Joui yang lain menganggap Elizabeth sebagai Joui peringkat tinggi. Identitas asli Elizabeth kemudian terungkap, bahwa nama aslinya adalah Dragonia, anak tertua dari 3 pangeran Oukoku, kedua adik laki-lakinya bernama Barkas dan Hata.

Takasugi Shinsuke (seiyuu: Koyasu Takehito)

Takasugi adalah pemimpin Kiheitai (sebuah kelompok teroris yang berencana menggulingkan dan menghancurkan Bakufu). Laki-laki bermata satu ini adalah salah satu sahabat lama Gintoki sama seperti Katsura yang berjuang bersama dalam Perang Joui di masa lalu.

Sakamoto Tatsuma (seiyuu: Miki Shinichiro)

Adalah pemimpin armada peradagangan bernama Kaientai. Meskipun dijuluki “natural idiot” oleh orang-orang disekitarnya bahkan anak buahnya sekalipun dia tetaplah sahabat seperjuangan Gintoki dalam Perang Joui. Tangan kanannya terluka parah ketika peperangan dan dia tidak bisa lagi menggunakan pedang, sebagai gantinya sekarang dia menggunakan pistol sebagai senjatanya.

Kondō Isao (seiyuu: Chiba Susumu)

Pria yang sering dipanggil Gorilla ini adalah komandan Shinsengumi yang selalu menguntit kakak Shinpachi, Shimura Tae hingga dijuluki Gorilla-stalker. Meskipun berkepribadian aneh dia tetaplah seorang pemimpin yang dihormati oleh anak buahnya.

Hijikata Toushirou (seiyuu: Nakai Kazuya)

Hijikata adalah Wakil Komandan Shinsengumi yang memiliki julukan “Oni no Fukucho” (Wakil Komandan Iblis) karena ketegasan dan kedisiplinannya kepada anggota Shinsengumi yang lain. Dia sangat menyukai mayonnaise hingga dijuluki Prince of the Mayonnaise Planet.

Okita Sougo (seiyuu: Suzumura Kenichi)

Dia adalah Kapten Divisi 1 Shinsengumi yang dikenal sebagai “Sadist” karena hobi menyiksa orang lain, meskipun dia bukanlah karakter antagonis. Sougo selalu berusaha menjatuhkan Hijikata dengan segala cara meskipun selalu gagal, Shinpachi bahkan pernah menjulukinya sebagai “sampah masyarakat berwajah tampan”. Laki-laki yang dikenal sebagai pengguna pedang terbaik Shinsengumi ini menganggap Kagura sebagai rival dan selalu bertengkar jika bertemu dengannya.