Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea

Sinopsis Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea Terbaru 2018

Posted on

Sinopsis Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea Terbaru 2018. Sobat sinopsistamura.com suka dengan drama korea? Maka sobat juga wajib tahu atau sekali sekala nonton film mereka. Walau pada umumnya korea selalu memproduksi film atau drama bertema romantis, namun jika sobat juga menyukai film horror luar negeri, film horror korea gonjiam ini sangat wajib kalian tonton.

Film horor korea yang berjudul Gonjiam: Haunted Asylum memang diambil dari kisah nyata yang bererdar dari masyarat yang tinggal di sekitar bekas RS Gonjiam itu. Dan paling uniknya lagi, film horor ini sangat berbeda dengan film horor pada umumnya. Mimin sendiri sudah pernah nonton film ini, dan menurut mimin film ini memang rekomended banget buat ditonton. Tapi buat sobat yang penakut perlu juga ngajak temen biar ngak jejeritan sendiri, hehehe.

Film Gonjiam ini sendiri mulai rilis pada 28 Maret 2018 di Korea Selatan dan dengan durasi waktu 94 menit. Menurut kabar berita dari sumber terpercaya, film ini bahkan cukup sukses penayangannya di negara asalnya dan mampu menarik penonton sebantak 198,669 di hari pertama perilisannya. Trus gimana yah alur cerita film ini? Yuk langsung kita baca aja sinopsis film horor Gonjiam di bawah ini.

  • Judul Film : Gonjiam: Haunted Asylum
  • Judul Lain : Gonjiam/ 곤지암
  • Genre : Horror, Mystery
  • Sutradara : Jung Bum-Sik
  • Penulis Naskah Cerita : Jung Bum-Sik
  • Film Negara : Korea
  • Jadwal Tayang Perdana : 28 Maret 2018 (di Korea)
  • Jadwal Tayang di Indonesia : Mei 2018

Review / Sinoppis Gonjiam Haunted Asylum

Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea f

Dalam adegan pertama film Gonjiam Haunted Asylum, akan terlihat dua remaja laki-laki yang sedang merekam penjelajahan yang dilakukan di bekas Rumah Sakit Jiwa Gonjiam. Cerita yang beredar di masyarakat, dahulu direktur rumah sakit Gonjiam membunuh semua pasien dan kemudian menghilang.

Kedua remaja ini lalu merekam saat mereka menuju ke kamar yang dianggapnya keamat yakni di kamar 402 dan mencoba membuka paksa pintu yang belum pernah berhasil dibuka sejak penutupan rumah sakit. Pemaksaan pembukaan pintu anak remaja itu menggunakan palu, namun tiba-tiba mereka mendengar suara bola pingpong dan siaran / rekaman mereka tiba-tiba berakhir.

Kejadian ini pun menjadi hangat dimasyarakat, setelah melihat berita tentang hilangnya remaja, Ha-Joon (diperankan Wi Ha-Joon), pemilik saluran YouTube “Horror Times”, memutuskan untuk menjelajahi RS Gonjiam juga.

baca juga: Sinopsis Film Keluarga Tak Kasat Mata 2017 dan Daftar Nama Pemain

Di sebuah kafe di Seoul, Ha-Joon bertemu dengan enam orang yang akan ikut penjelajagan. Disana ada 3 wanita bernama Ah-Yeon (diperankan Oh Ah-Yeon), Charlotte (diperankan Moon Ye-Won), dan Ji-Hyun (diperankan Park Ji-Hyun). Untuk anggota laki-laki juga ada 3 orang, Sung-Hoon (diperankan Park Sung-Hoon), Seung-Wook (diperankan Lee Seung-Wook) dan Je-Yoon (Yoo Je-Yoon).

Dari pertemuan mereka di kafe itu, Ha-Joon menjelaskan bahwa mereka akan melakukan siaran langsung eksplorasi mereka di rumah sakit, dan masing-masing peserta akan mendapatkan uang melalui iklan, dan target mereka bisa mendapatkan 1 juta penonton.

Keesokan harinya, mereka melakukan perjalanan ke rumah sakit, lalu mendirikan base camp di jalan utama. Agar terhindar dari polisi, mereka menunggu hingga tengah malam untuk memulai misi.

Sung-Hoon dan Seung-Wook lalu memasang kamera di sudut-sudut rumah sakit yang akan dijelajahi. Setelah makan, Ha-Joon tetap di base camp untuk mengontrol siaran dan anggota yang tersisa dilengkapi dengan kamera GoPro dan memulai eksplorasi.

Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea

Saat tengah malam, mereka berjalan menuju ke rumah sakit, diperjalanan setapak mereka menemukan pakaian dalam wanita, lalu salah satu anggota mengikatnya ke pohon sebagai penanda.

Setelah mereka berhasil memasuki lokasi, mereka menyiapkan lebih banyak peralatan untuk merekam aktivitas paranormal, termasuk kamera pendeteksi inframerah. Charlotte menuangkan air suci ke dalam cawan petri kecil dan menempatkan kamera di sampingnya untuk merekam aktifitas paranormal yang terjadi.

Saat eksplorasi dimulai, Seung-Wook menjelaskan keadaan mereka di dalam Gedung dalam siarannya. Tapi tiba-tiba pintu kantor Direktur ditutup sendiri dan menghasilkan suara ‘Blarrrrr…’ yang sangat keras. Mereka lalu mencoba masuk dan memeriksa ruangan itu, tetapi tak ada sesuatu yang aneh ataupun angina. Mereka malah menemukan beberapa foto, termasuk foto grup / foto bersama antara Direktur RS dengan semua pasien dan staf. Mendapatkan foto-foto ini, mereka lalu merekamnya ke dalam siaran dan menjelaskannya kepada penonton.

Agar bisa menelusuri semua ruangan yang ada di RS Gonjiam, peserta lalu dibagi menjadi tim-tim kecil. Ah-Yeon dan Je-Yoon pergi untuk menjelajahi lantai 3. Ji-Hyun dan Charlotte pergi ke laboratorium, namun malah menemukan berbagai alat labolatorium yang rusak, boneka yang menakutkan, dan ayam yang membusuk di toples. Masing-masing tim, mereka harus menjelaskan keadaan dari ruangan-ruangan yang mereka masuki.

Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea

Tim lalu berkumpul kembali di sebuah ruangan bersama Seung-Wook dan Sung-Hoon, mereka lalu melakukan ritual yang dikatakan ‘mengundang’ roh keluar. Tali merah dengan lonceng yang sudah mereka mereka pasang tiba-tiba bergetar keras dan hancur, menandakan hantu atau roh yang mereka panggil benar-benar datang.

Mereka pun lari terbirit-birit karena ketakutan, tetapi kemudian diungkapkan bahwa semua itu adalah rekayasa Seung-Wook dan Sung-Hoon. Hasil rekayasa ini tanpa sepengetahuan keempat anggota lainnya dan di bawah perintah Ha-Joon, sebagai cara untuk menarik lebih perhatian penonton saat siaran berlangsung.

Mereka pun terus menyiarkan kejadian-kejadian yang terjadi. Dan tiba kini semua tim masuk ke dalam laboratorium. Charlotte dan Ji-Hyun tiba-tiba terkejut ketika melihat boneka bergerak dengan sendirinya, tanpa ada angin atau sesuatu yang menggerakkan. Semua tim lalu mengingat-ingat bahwa boneka yang sedang meraka lihat, sama dengan boneka yang dipegang oleh salah satu pasien dalam foto grup yang mereka temukan di ruang direktur tadi.

Je-Yoon dan Ah-Yeon lalu melanjutkan ke Ruang 402 dan mencoba membuka secara paksa pintu ruang keramat itu. sedangkan 4 anggota lainnya sedang pergi untuk menjelajahi “Ruang Perawatan Kelompok” dan melihat banyak peti aneh karena berlubang di tengah-tengahnya.

Karena penasaran, Seung-Wook memasukkan tangannya di dalam lubang di peti itu dan berniat untuk membukanya. Tetapi tiba-tiba ia berteriak seolah-olah tangannya ada yang menariknya dari dalam, tapi sebenarnya itu adalah acting belaka. Seung-Wook pun berhasil menarik tangannya keluar, akan tetapi anggota yang lain tak mempercayainya, pada akhirnya Ji-Hyun juga mencoba memasukkan tangannya ke dalam peti itu.

Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea

Kali ini, tangan Ji-Hyun benar-benar ditarik kuat. Anggota tim yang lain pun membantunya agar tangan Ji-Hyun bisa tertarik keluar. Mereka pun berhasil dan terpental, tapi tangan Ji-Hyun terluka parah dengan bekas luka seperti cakar.

Semua anggota pun mulai takut, dan salah satu peti mati itu tiba-tiba terbuka dengan sendirinya, namun dalam peti itu kosong dan hanya berbentuk peti pada umumnya.

Saat mereka saling menatap dengan anggota yang lain, syal Charlotte tiba-tiba ditarik dan dilempar oleh kekuatan misterius. Charlotte menjerit ketakutan dan semua anggota ketakutan dan lari keluar dari ruangan.

Keempat kembali ke lokasi sebelumnya, Ji-Hyun dan Charlotte yang awalnya sangat percaya diri kini sudah ketakutan dan mereka mencoba meyakinkan yang anggota lain bahwa rumor Gonjiam memang benar adanya dan lebih baik dihentikan saja. Namun Ha-Joon tak mau menghentikan siaran langsung itu, dan pada akhirnya Ji-Hyun dan Charlotte maraj dan tak mau lagi melanjutkan penelusuran konyol ini dan memutuskan untuk kembali ke camp di tengah-tengah siaran.

Sementara itu, Ha-Joon yang berada di camp memeriksa rekaman dan berbohong kepada anggota lapangan tentang apa yang sebenarnya terjadi, hal ini untuk membuat anggota tetap tenang dan tetap siaran. Ha-Joon mulai meninjau cuplikan dari keenam partisipan yang berdiri bersama dan menyadari memang ada keganjilan dan keanehan yang terjadi di sana.

Charlotte dan Ji-Hyun berjalan kembali menuju base camp, mereka sudah cukup jauh berjalan namun tak melihat base camp mereka. Tapi tiba-tiba mereka melihat celana dalam yang sebelumnya mereka ikat di pohon sebagai tanda panduan. Tapi pada akhirnya mereka malah terjebak dalam ilusi magis.

Ji-Hyun tiba-tiba mencium bau yang tidak asing dan Charlotte menemukan termos beserta ayam yang sudah membusuk yang mereka temukan di dalam ruangan laboratorium. Charlotte mulai takut dan memanggil Ji-Hyun, tapi Ji-Hyun sedang terhipnotis oleh kekuatan magis dan seperti sedang membaca mantra. Wajah Ji-Hyu pucat dan matanya terbuka tapi dengan bola mata yang hitam.

Charlotte ketakutan dan lari meninggalkan Ji-Hyun. Charlotte lega setelah melihat base camp di depannya, ia memanggil untuk Ha-Joon, tapi tiba-tiba ia ditarik oleh kekuatan aneh.

Charlotte pingsan, saat ia bangun ia menyadari bahwa dia ada di kamar yang ternyata itu adalah kamar 402. Dia mulai melihat sekelilingnya dan berhati-hati dengan senternya. Dari kejauhan ia melihat Ji-Hyun berdiri di sudut ruangan.

Dia kemudian memperhatikan bahwa boneka yang sebelumnya dilihat kelompok di laboratorium ada di lantai di samping kakinya. Saat dia mendongak, Charlotte melihat seorang pria telanjang berdiri di depannya. Charlotte ketakutan dan lari menuju pintu. Saat sampai dan mencoba membuka pintu yang sebenarnya dikunci, ia diserang dan ditarik ke kegelapan sambil berteriak.

Gonjiam Haunted Asylum Film Horor Korea e

Disisi lain Seung-Wook dan Sung-Hoon mengikuti suara ke ruang bawah tanah, di mana mereka melihat kursi roda yang bisa bergerak sendiri. Tiba-tiba semua barang yang ada di ruangan melayang dan bergerak. Semua barang itu mulai terlempar ke arah Seung-Wook dan Sung-Hoon, Seung-Wook terpukul salah satu benda yang melayang ke arahnya. Sementara Sung-Hoon mencoba menghubungi anggota yang lain dan lari meninggalkan Seung-Wook.

Sung-Hoon berlari mencari Je-Yoon dan Ah-Yeon, yang masih mengebor dan mencoba membuka pintu kamar 402 yang sangat sulit di buka. Sung-Hoon memberitahu mereka bahwa Seung-Wook terperangkap di ruang bawah tanah dan mengakui bahwa kejadian saat pemanggilan arhan adalah palsu, tapi kejadian lainnya adalah nyata.

Tiba-tiba bola ping-pong memantul ke arah mereka dan teriakan Charlotte terdengar datang dari dalam Ruang 402. Je-Yoon mencoba membuka pintu untuk membantu Charlotte, tetapi teriakan itu terputus dan kamera infra merah yang berada disampingnya mulai berkedip tanpa henti dari sensor medan elektromagnetik mendeteksi keberadaan hantu. Pintu Kamar 402 terbuka dan layar menjadi gelap.

Sung-Hoon, Je-Yoon dan Ah-Yeon menemukan diri mereka terperangkap di ruangan gelap. Mereka sekarang berdiri di air setinggi lutut. Sung-Hoon kemudian menggunakan penglihatan kamera malam yang di bawa untuk melihat sekeliling ruangan.

Sung-Hoon melihat atap ruangan itu dan melihat pantulan dari genangan air. Sung-Hoon melihat hantu seorang siswa. Ketiga anggota itu terus menggunakan kamera mereka untuk melihat pantulan, tapi hantu mendekat dan lebih banyak hantu yang muncul. Mereka menjadi lebih panik dan mereka semua satu demi satu dan tertelan oleh kegelapan.

simak juga: Sinopsis Film Along With The God (2017) dan Profil Pemainnya

Ha-Joon yang berada di camp, kehilangan kontak dengan timnya. Ia tergesa-gesa menyusul dan membawa peralatan penelusuran. Dia juga membawa sebuah drone dan menerbangkannya ke atas, dari kamera drone ia melihat seseorang berada jendela ruangan RS Gonjiam. Dia bergegas ke kamar itu dan menyadari bahwa itu adalah ilusi. Bayangan di jendela itu sendiri. Ha-Joon merasakan kehadiran tepat di sampingnya,  Ha-Joon memutar kamera yang dibawanya untuk melihat seluruh tubuh makluk yang menempel dengannya itu. Ha-Joon kemudian dicekik sampai mati.

Siaran langsung itu masih diputar, namun penonton mengklaim bahwa siaran itu palsu. Siaran langsung menjadi aneh saat gambar background yang berupa seorang gadis hantu muda yang duduk di kursi di latar belakang saluran “Horror Times” mereka tiba-tiba bangun dari kursinya.

Mendapat kembali kesadaran, Seung-Wook menemukan dirinya diikat di kursi roda. Kursi roda perlahan-lahan bergulir menuju ke Kamar 402 dengan sendirinya, dan Seung-Wook mati-matian berteriak memanggil teman timnya.

Saat kursi roda bergerak lebih cepat, ia melihat berbagai penampakan dan mendengar omong kosong dari jendela ruang samping sel. Seung-Wook lalu ditarik ke Kamar 402 dengan sangat cepat dan pintu menutup.

Dalam epilog terakhirnya, hidangan air suci yang dituangkan Charlotte mulai mendidih, menyiratkan air suci memiliki efek untuk mengusir hantu.

baca juga: 5 Rekomendasi Film Korea Terbaru 2017 Wajib di Tonton

Pemeran Pemain Gonjiam Haunted Asylum

  • Wi Ha-joon pemeran tokoh Ha-joon
  • Park Ji-hyun pemeran tokoh Ji-hyun
  • Oh Ah-yeon pemeran tokoh Ah-yeon
  • Moon Ye-won pemeran tokoh Charlotte
  • Park Sung-hoon pemeran tokoh Sung-hoon
  • Yoo Je-yoon pemeran tokoh Je-yoon
  • Lee Seung-wook pemeran tokoh Seung-wook

Trailer Gonjiam Haunted Asylum