in

Review Sinopsis Film Dr. Dolittle 1998, Film Komedi Dokter yang Bisa Bicara dengan Hewan

Review Sinopsis Film Komedi Dr Dolittle

Review Sinopsis Film Dr. Dolittle. Doctor Dolittle adalah novel anak-anak klasik populer yang ditulis oleh Hugh Lofting. Kisahnya begitu unik dan tak biasa hingga membuat novel ini menjadi bahan adaptasi bagi sejumlah film. Film adaptasi pertama Doctor Dolittle adalah sebuah film musikal yang dibuat pada 1967. Walau gagal dari segi komersial, film ini di kemudian hari menjadi film klasik yang banyak disukai.

Bagaimanapun, sejauh ini versi film Doctor Dolittle yang relatif paling populer bisa jadi adalah film Dr. Dolittle yang dibintangi oleh Eddie Murphy dan dirilis pada 1998. Kesuksesan adaptasi versi Eddie Murphy ini selanjutnya melahirkan sebuah film sekuel yang berjudul Dr. Dolittle 2 serta tiga film spin-off yang masing-masing berjudul Dr. Dolittle 3, Dr. Dolittle: Tail to the Chief, dan Dr. Dolittle: Million Dollar Mutts.

Dr. Dolittle adalah sebuah film bergenre komedi fantasi produksi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1998. Film berdurasi 85 menit ini diproduksi melalui kerjasama Davis Entertainment, Joseph M. Singer Entertainment, dan Friendly Films. Sementara, 20th Century Fox menjadi distributor bagi film ini.

Review Sinopsis Film Komedi Dr Dolittle

Film Dr. Dolittle disutradarai oleh Betty Thomas, dengan naskah yang digarap oleh Larry Levin dan Nat Mauldin. Meski merupakan film adaptasi, namun jalan cerita Dr. Dolittle bisa dibilang sangat berbeda dari novel aslinya. Satu-satunya kesamaan film ini dengan novel Doctor Dolittle adalah pada nama karakter sang dokter dan kemampuannya berbicara dengan hewan.

Dengan karakter yang beragam di dalamnya, termasuk karakter para hewan yang berinteraksi dengan Doctor Dolittle, film ini pun melibatkan banyak aktor dan pengisi suara. Eddie Murphy berperan sebagai Doctor Dolittle, seorang dokter yang memiliki kemampuan istimewa berbicara dengan hewan.

Sementara itu pemain film Dr. Dolittle lainnya, Oliver Platt berperan sebagai Dr. Mark Weller, Peter Boyle memerankan Mr. Calloway, Kristen Wilson sebagai Lisa Dolittle, Kyla Pratt sebagai Maya Dolittle, Raven-Symoné sebagai Charisse Dolittle, Jeffrey Tambor sebagai Dr. Fish, Richard Schiff sebagai Dr. Gene “Geno” Reiss, Steven Gilborn sebagai Dr. Sam Litvack.

Kemudian, para pengisi suara dalam film Dr. Dolittle di antaranya yaitu Norm MacDonald sebagai Lucky si anjing, Albert Brooks sebagai Jacob “Jake” si Harimau, Hamilton Camp sebagai Babi, Jenna Elfman sebagai Burung Hantu, Philip Proctor sebagai Monyet, Paul Reubens sebagai Rakun, Chris Rock sebagai Rodney si Marmot.

baca: Review Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017), Aksi Brutal Hingga Bentuk Penolakan Wanita Pada Penindasan

Penasaran dengan kisah lengkapnya? Berikut sinopsis dan review film Dr. Dolittle.

Sinopsis & Review Film Dr Dolittle 1998

Sejak kecil, seorang anak bernama John Dolittle telah menunjukkan kemampuan istimewa untuk berbicara dengan hewan. Di awal film Dr. Dolittle ini, kita bisa melihat bagaimana John kecil bisa berbicara dengan anjingnya.

Ayahnya yang merasa khawatir dengan bakat unik John kemudian memanggil seorang pendeta untuk melakukan ritual pengusiran setan pada putranya. Anjing John kemudian berusaha melindungi tuannya dengan menyerang sang pendeta. Setelah kejadian ini, ayahnya lalu menyumbangkan anjing John. John kecil yang merasa terpukul sejak saat itu akhirnya perlahan mulai melupakan kemampuannya berbicara dengan hewan.

Ketika John tumbuh dewasa, ia menjadi dokter bedah sukses yang memiliki klinik praktiknya sendiri. Ia tinggal bersama istri dan kedua putrinya di San Francisco, Amerika Serikat. Putri sulungnya yang berusia remaja bernama Charisse. Sedangkan anak bungsunya, Maya, adalah sosok anak yang cerdas. Maya memiliki peliharaan seekor marmot yang ia beri nama Rodney dan sebutir telur dari hewan yang ia duga adalah angsa.

Klinik Dolittle sendiri sedang dalam sebuah proses kesepakatan bisnis. Sebuah perusahaan medis besar yang dimiliki oleh Mr. Calloway hendak mengambil alih kepemilikan klinik Dolittle. Kesepakatan ini begitu didukung oleh salah satu rekan kerja John yang bernama Dr. Mark Weller. Sementara, rekan kerja John yang lain, Dr. Gene Reiss, justru memandang bahwa kesepakatan ini tidak menguntungkan untuk klinik Dolittle.

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

Suatu hari, keluarga John merencanakan liburan keluarga ke sebuah vila terpencil. John yang harus menangani seorang pasien di kliniknya pun meminta istrinya, Lisa, untuk pergi terlebih dahulu. John berniat menyusul mereka dengan membawa serta Rodney, marmot Maya.

Dalam perjalanan, John tanpa sengaja hampir menabrak seekor anjing. Kepala John sempat terbentur ringan, dan anjing itu sempat terjatuh. Tetapi, tak lama kemudian, anjing itu kembali bangkit dan mengumpat pada John.

John yang masih belum sepenuhnya bisa menerima kenyataan itu pun pulang. Namun, keesokan harinya, John tiba-tiba bisa memahami perkataan Rodney, marmot Maya.

baca: Review Sinopsis Film Jumanji, Film Petualangan Inspirasi Movie Modern Serupa

John tiba di vila tempat istri dan anak-anaknya sudah menunggu. Malam harinya, John kembali bisa mengerti kalimat yang diucapkan oleh beberapa hewan yang ada di sekitar hutan itu. Ia bahkan sempat mencabut duri dari sayap seekor burung hantu yang meminta bantuan pada John.

John yang panik dan ketakutan lalu berusaha meninggalkan daerah itu secepat mungkin. Dengan tergesa-gesa, ia mengatakan pada Lisa bahwa ia harus kembali ke kota.

Sesampainya di kota, John menghubungi salah satu temannya yang juga seorang dokter. Ia meminta bantuan pada temannya itu untuk melakukan CT Scan terhadapnya. Temannya itu mengatakan bahwa tidak ada yang salah dalam diri John. Ia mengatakan John mungkin hanya stres dengan beberapa hal yang terjadi dalam hidupnya belakangan itu.

Keesokan paginya, John berada dalam perjalanan kembali untuk menemui keluarganya. Tapi, di jalan, ia kembali melihat anjing yang tempo hari ia tabrak dibawa oleh mobil pengangkut hewan terlantar. John pun mengadopsi anjing itu dengan niat awal hanya untuk mengobati si anjing yang mengeluh sakit dan kemudian membebaskannya lagi.

Tetapi, setelah John menolongnya, Maya tanpa sengaja mendengar suara si anjing dari telepon ketika John menghubungi istrinya lagi. Maya pun terlanjur senang dan menganggap bahwa John akan membawakannya seekor anjing. John memberi nama anjing itu Lucky dan akhirnya terpaksa memberikannya pada Maya.

Sepulangnya mereka dari liburan, burung hantu yang ditolong oleh John kemudian menyebarkan kabar bahwa John adalah dokter yang bisa memahami dan menyembuhkan hewan. Seluruh hewan yang mendengar ini pun akhirnya datang ke rumah John untuk mendapatkan pengobatan.

Malam itu, rumah John dipenuhi oleh hewan. Meski awalnya panik, John pun akhirnya bersedia membantu setiap hewan yang datang.

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

John lalu menjumpai seekor harimau sirkus bernama Jake yang mengalami sakit kepala. John menyadari bahwa Jake memerlukan operasi bedah dan ia berjanji akan mempersiapkannya dalam waktu dekat. Sementara itu, John merasa hari-harinya jadi terasa lebih baik setelah ia membantu para hewan.

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

Namun, suatu hari, Lisa dan rekan-rekan John kemudian mendapati John tengah melakukan CPR pada seekor tikus. Lisa yang khawatir akhirnya mendaftarkan John ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan pengobatan.

John yang merasa kesal dengan nasibnya pun memutuskan untuk sekali lagi melupakan kemampuannya berbicara dengan hewan. Ia bahkan sempat membentak Lucky yang berusaha membantu John.

Setelah berjanji bahwa ia takkan lagi berbicara dengan hewan, John pun dibebaskan dari rumah sakit jiwa. John lalu berusaha menjalani kehidupan normal seperti saat segala keanehan itu belum terjadi.

Suatu malam, John dan keluarganya akan menghadiri konferensi penting yang berlangsung di kliniknya. Di sana, semua mitra bisnis penting John juga akan hadir, termasuk Mr. Calloway. Maya ingin membawa serta Rodney namun John melarangnya.

Maya merasa sedih dengan perubahan sikap ayahnya. Maya lalu bercerita pada kakeknya bahwa ia lebih suka jika ayahnya bisa bicara dengan hewan.

John tak sengaja mendengar hal ini, dan ia pun merasa tersentuh. Ia menyadari bahwa sikapnya untuk berusaha menyangkal bakatnya adalah sesuatu yang salah. Sesampainya mereka di tempat konferensi, John meminta maaf pada Maya. Ia juga berpesan pada Maya agar selalu berani untuk menjadi dirinya sendiri.

John juga meminta maaf pada anjingnya, Lucky. John dan Lucky lalu pergi ke sirkus tempat Jake berada untuk menyelamatkannya. John membawa pergi Jake untuk melakukan operasi bedah pada harimau itu. Mereka berhasil pergi di sana sebelum para penjaga sirkus berhasil mengejar mereka.

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

John membawa Jake ke kliniknya. Tetapi, saat ia tengah memeriksa Jake, Mark dan Gene masuk ke ruangan. Mark yang berusaha memanipulasi Gene mendapat tinju dari Gene hingga pingsan.

John lalu menjelaskan keadaan Jake pada Gene. Mereka berusaha membawa Jake ke ruang operasi, tetapi itu berarti mereka harus melewati kerumunan tamu konferensi yang sudah menunggu kedatangan John sejak lama. John memasukkan Jake ke bawah kereta dorong dengan dalih bahwa mereka akan mengobati Mark yang pingsan.

baca: Review Sinopsis Film The Lion King (2019), Petualangan Simba Menjadi Raja Hutan

Tetapi di ruang konferensi, Jake tiba-tiba keluar dari persembunyiannya di bawah kereta dorong dan membuat panik semua orang. John pun mengakui bahwa ia sedang mencoba menyembuhkan Jake.

Mereka pergi ke ruang bedah. John, dibantu Gene, dan juga akhirnya Lisa yang akhirnya bersedia menerima bakat istimewa suaminya, melakukan operasi untuk menolong Jake. Banyak peserta konferensi yang penasaran berkumpul di luar ruangan untuk melihat jalannya operasi dari balik kaca.

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

Sementara itu, di luar klinik, para polisi berusaha masuk untuk mengambil lagi harimau yang berdasarkan laporan pemilik sirkus telah dicuri oleh John. Tetapi, para hewan bersatu untuk menghadang sehingga para polisi pun mengalami kesulitan untuk bisa masuk ke klinik.

Setelah beberapa saat yang menegangkan, operasi tersebut akhirnya selesai dan Jake berhasil diselamatkan. Semua orang nampak senang dan memuji kebaikan John. John lalu memutuskan untuk menolak kesepakatan dengan perusahaan Mr. Calloway.

Sejak saat itu, John memutuskan untuk menjadi dokter manusia sekaligus dokter hewan untuk memanfaatkan kemampuan istimewanya yang bisa berbicara dengan hewan.

Review Sinopsis Film Komedi Dr. Dolittle

Kesimpulan

baca: Review Sinopsis Film Life is Beautiful (1997), Belajar Mensyukuri Hidup di Tengah Kesulitan

Film Dr Dolittle sama sekali bukan pilihan tontonan yang buruk untuk mengisi waktu senggang. Kamu pasti akan merasa terhibur dengan aksi jenaka Eddie Murphy yang ekspresif dalam memainkan perannya sebagai Dr. Dolittle. Di samping itu, dialog sang dokter dengan hewan-hewan tersebut juga seringkali mampu mengundang tawa karena kekonyolannya.

Bagi penggemar film-film Eddie Murphy atau genre komedi, film Dr. Dolittle yang penuh dengan lelucon kocak ini tentu akan sayang jika dilewatkan. Nah, selamat menonton!

Sumber foto: 20th Century Fox

What do you think?

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sinopsis The World of The Married Episode 11

Sinopsis The World of The Married Episode 11

Review Sinopsis Film Jojo Rabbit

Review Sinopsis Film Jojo Rabbit, Film Anti Perang dari Sudut Pandang Anak-anak