in

Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine (2006), Drama Tema Keluarga yang Menyentuh dan Inspiratif

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Bagaimana jadinya jika sebuah keluarga disfungsional yang setiap anggota keluarganya punya keanehan tersendiri disatukan dalam sebuah perjalanan panjang?

Film Little Miss Sunshine menyajikan cerita semacam itu lewat gaya yang menghibur dan inspiratif. Film ini adalah sebuah drama komedi bertema perjalanan yang diproduksi secara independen. Sejak pertama kali dirilis pada Januari 2006 di Sundance Film Festival, film ini kerap masuk ke daftar film favorit banyak orang karena kisahnya tak lekang oleh waktu.

Little Miss Sunshine diproduksi oleh Big Beach Films, Bona Fide Productions, Deep River Productions, dan Third Gear Productions. Film berdurasi 101 menit ini didistribusikan oleh Fox Searchlight Pictures.

Film Little Miss Sunshine membutuhkan biaya pembuatan yang relatif kecil untuk ukuran film Hollywood, yakni hanya sekitar $8 juta. Tanpa disangka, film ini meraih kesuksesan besar di Box Office dengan menuai pendapatan hingga lebih dari $100 juta.

Tak hanya itu, Little Miss Sunshine juga menerima pengakuan positif dalam industri perfilman lewat berbagai penghargaan, termasuk empat nominasi yang diraihnya di The Academy Awards, di mana dua di antaranya dimenangkan film ini. Independent Spirit Award juga memberikan piala Best Feature untuk film produksi Amerika Serikat ini.

Menariknya, dengan segala pencapaian ini, Little Miss Sunshine justru merupakan pengalaman pertama bagi para profesional dalam film ini. Film ini menandai debut penyutradaraan pasangan suami istri Jonathan Dayton dan Valerie Faris, merupakan naskah film pertama yang ditulis oleh Michael Arndt, serta debut akting bagi sejumlah aktornya.

Michael Arndt awalnya ingin membuat Little Miss Sunshine secara independen sebagai sebuah film berskala kecil. Tetapi, ia lalu menjual naskahnya ini pada salah satu produser Little Miss Sunshine, Marc Turtletaub, dan terlibat dalam pembuatan film sebagai penulis naskah dan pengarah kreatif.

Film ini menampilkan Greg Kinnear sebagai Richard Hoover, Steve Carell sebagai Frank Ginsberg, Toni Collette sebagai Sheryl Hoover, Paul Dano sebagai Dwayne Hoover, Abigail Breslin sebagai Olive Hoover, Alan Arkin sebagai Edwin Hoover, dan Bryan Cranston sebagai Stan Grossman.

baca: Review Sinopsis Film Jojo Rabbit, Film Anti Perang dari Sudut Pandang Anak-anak

Penasaran dengan kisah keseruan perjalanan keluarga Richard Hoover yang kocak dan inspiratif? Yuk, langsung aja cek sinopsis film Little Miss Sunshine berikut ini.

Sinopsis Film Little Miss Sunshine 2006

Film Little Miss Sunshine menceritakan tentang enam orang anggota keluarga yang harus bertahan menghadapi perbedaan karakter dan latar belakang masing-masing dalam sebuah perjalanan darat yang memakan waktu lama.

Oleh karena itu, sebelum kisah perjalanan mereka dimulai, film ini secara singkat memberikan gambaran latar belakang dan karakter dari setiap anggota keluarga yang aneh tersebut.

Sang kepala keluarga, Richard Hoover, adalah seorang pria paruh baya yang bekerja sebagai motivator dan pembicara dengan karakter yang terlalu ambisius hingga terkadang bersikap tidak rasional. Ibu di keluarga itu, Sheryl Hoover, adalah seorang wanita yang cukup bijak dan harus bekerja keras untuk membantu menutupi kesulitan finansial di dalam keluarga Hoover.

Kakak Sheryl, Frank Ginsberg, adalah mantan akademisi yang menganggur setelah ia melakukan percobaan bunuh diri. Meski ia telah bisa berinteraksi dengan normal setelah dirawat di rumah sakit, terkadang depresinya bisa kambuh. Oleh karena itu, dokter menyarankan agar Frank tinggal bersama keluarga Sheryl untuk sementara waktu.

Sheryl memiliki seorang putra berusia remaja dari pernikahannya sebelumnya, yang bernama Dwayne. Dengan gaya yang sedikit emo, Dwayne adalah penggemar buku-buku karya filsuf terkenal Nietzsche. Dwayne menjalani sebuah sumpah untuk tidak bicara hingga impiannya sebagai pilot pesawat tempur tercapai.

Edwin, ayah Richard, juga tinggal bersama keluarga itu. Ia adalah seorang kakek yang suka menyumpah dan baru diusir dari rumah lansia karena kerap diam-diam mengonsumsi heroin.

Putri dalam keluarga itu, Olive Hoover, adalah seorang anak kecil yang cerdas dan polos. Ia berkeinginan untuk memenangkan kontes kecantikan. Selama ini, Edwin lah yang membantu melatih Olive untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Suatu hari, Olive menerima kabar bahwa ia berhasil terpilih untuk mengikuti sebuah kontes kecantikan bergengsi “Little Miss Sunshine” yang ditujukan untuk anak-anak. Tetapi, kontes itu diselenggarakan di Redondo Beach, California. Keluarga Hoover sendiri tinggal di kota Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Dengan perjalanan darat, butuh waktu setidaknya satu sampai dua hari untuk menempuh perjalanan dari New Mexico ke California.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Melihat antusiasme Olive, orangtua dan kakek Olive sangat ingin mengantar Olive ke California. Tetapi, mereka tidak bisa mempercayakan Frank pada Dwayne. Oleh karena itu, Richard dan Sheryl memutuskan bahwa mereka semua harus berangkat untuk mendukung Olive.

baca: Review Sinopsis Film Dr. Dolittle 1998, Film Komedi Dokter yang Bisa Bicara dengan Hewan

Mereka pun akhirnya pergi menempuh perjalanan panjang itu dengan menggunakan sebuah mobil van tua berwarna kuning cerah. Sepanjang perjalanan, mobil tua yang sudah tidak layak digunakan itu terus menerus bermasalah.

Dari awal perjalanan, mobil itu telah mogok. Komponen yang rusak mengharuskan mereka untuk mendorong mobil itu hingga kecepatan tertentu sebelum mobil bisa digas. Oleh karena itu, setiap kali mobil akan digas, orang-orang yang mendorong harus cepat naik ke mobil dari pintu samping sebelum mobil melaju cepat.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Tak lama kemudian, klakson mobil itu juga rusak dan terus menerus berbunyi meski tidak ditekan. Hal ini sampai membuat mobil keluarga Hoover dihentikan oleh polisi di suatu titik.

Namun, tak hanya masalah teknis, masing-masing dari anggota keluarga juga menemui masalah personal dalam perjalanan itu. Richard mendapat kabar bahwa salah satu kontrak bisnis terbesarnya berakhir gagal. Hal ini pun membuat Sheryl menjadi gelisah dan menumpahkan kekesalannya pada Richard. Di sebuah tempat pengisian bahan bakar, Frank tak sengaja berjumpa lagi dengan mantan kekasihnya yang membuatnya patah hati hingga ingin bunuh diri.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Olive, di sisi lain, merasa gugup karena tak lama lagi harus tampil di kontes kecantikan “Little Miss Sunshine”. Ia takut bahwa ia akan menjadi pecundang di kontes itu. Tetapi, Edwin berusaha menenagkan Olive dengan mengatakan bahwa pecundang yang sebenarnya adalah mereka yang tidak mencoba sama sekali.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Sementara itu, Edwin sendiri diam-diam kembali pada hobi lamanya mengonsumsi heroin. Ia menggunakannya secara berlebihan di kamar mandi hotel hingga akhirnya overdosis.

Olive yang tidur di kamar yang sama dengan Edwin merasa bingung karena kakeknya tidak juga bangun dari tidur. Ia lalu pergi ke kamar orangtuanya dan memberitahu Richard dan Sheryl mengenai apa yang terjadi.

baca: Review Sinopsis Canola (2016), Film Korea Keluarga Mengharukan Bakal Bikin Kamu Nangis !

Setelah sempat dirawat di rumah sakit, Edwin akhirnya meninggal. Urusan administrasi yang berbelit membuat Richard dan keluarganya memutuskan untuk menyelundupkan jenazah Edwin keluar lewat jendela rumah sakit untuk mereka kremasi setibanya di California. Mereka lalu menyimpan jenazah Edwin di bagian bagasi mobil.

Dwayne lalu tiba-tiba mengetahui bahwa ia sebenarnya buta warna dan tidak bisa mendaftar sebagai pilot militer. Ini membuatnya melanggar sumpahnya untuk tidak bicara. Dwayne menjadi histeris dan mengutuk seluruh anggota keluarganya.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Dwayne meminta untuk diturunkan di tengah perjalanan dan mobil pun terpaksa berhenti. Ibunya berusaha menenangkan Dwayne dan membujuknya agar mau kembali ke mobil. Pada akhirnya, sebuah pelukan hangat dari Olive mampu membuat Dwayne kembali tenang dan bersedia melanjutkan perjalanan.

Sesampainya di California, mereka nyaris tidak bisa mendaftarkan Olive di kontes “Little Miss Sunshine” karena melebihi batas waktu. Tetapi, seorang petugas yang ramah membantu mereka.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Saat melihat para kontestan lain di kompetisi itu, keluarga Hoover menjadi terkejut. Di sana, anak-anak kecil mengenakan kostum yang seksi dan dirias selayaknya orang dewasa. Para kontestan lain menunjukkan bakat mereka yang jelas telah melalui latihan secara profesional.

Selagi menunggu giliran penampilan Olive, Dwayne dan Frank pergi keluar untuk mengobrol. Mereka berbicara tentang hidup mereka dan berbagai peristiwa yang terjadi belakangan itu. Dwayne mengatakan bahwa ada banyak mimpi lain yang bisa ia wujudkan, selain menjadi pilot.

baca: Review Sinopsis Film It Chapter 2, Kembalinya Teror Badut Mengerikan Pennywise

Dwayne dan Frank lalu masuk kembali ke hotel dan menyaksikan jalannya acara. Mereka lalu menyadari bahwa Olive termasuk amatir dibanding kontestan lain berusaha mencegahnya untuk tampil. Tetapi, Sheryl menolaknya.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Olive pun tampil di depan panggung dengan koreografi seperti yang diajarkan oleh kakeknya. Tetapi, Edwin yang tidak punya pengetahuan tentang kontes kecantikan membuat berbagai gerakan yang ditampilkan Olive menjadi terlihat mesum dan aneh.

Para penonton dan juri pun terbelalak tidak percaya. Mereka menjadi ngeri melihat penampilan Olive yang masih tidak sadar bahwa ada yang salah dalam penampilannya. Salah satu juri meminta agar orangtua Olive menghentikan penampilan Olive.

Tetapi, melihat kebahagiaan yang tulus di wajah Olive, Richard justru ikut menari bersama Olive di atas panggung. Akhirnya, satu persatu anggota keluarga Hoover ikut bergabung dan naik ke panggung untuk menunjukkan dukungan mereka pada Olive. Mereka terus menari tanpa mengindahkan pandangan tak percaya dari para penonton dan juri.

Setelah penampilan mereka berakhir, keluarga Hoover dibawa ke kantor panitia penyelenggara kontes kecantikan karena telah membuat kegaduhan. Di sana, mereka dibebaskan dengan syarat bahwa Olive tidak boleh lagi mengikuti kontes kecantikan manapun di negara bagian California.

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Keluarga Hoover kembali masuk ke dalam van kuning cerah mereka. Tetapi, kali ini semuanya menunjukkan wajah bahagia. Masih dengan klakson yang terus menerus berbunyi, mereka menerobos palang parkir hotel dan memulai perjalanan pulang ke Albuquerque dengan gembira.

Sekian sinopsis dan review film Little Miss Sunshine.

Film Little Miss Sunshine adalah sebuah gambaran yang inspiratif tentang dinamika dalam sebuah keluarga yang disfungsional. Meski setiap anggota keluarga memiliki keanehan dan kekurangan mereka masing-masing, tetapi pada akhirnya mereka berhasil disatukan oleh tujuan yang sama.

baca: Rekomendasi Film Barat Terbaik Sepanjang Masa

Little Miss Sunshine memperlihatkan bagaimana cara menerima ketidaksempurnaan dalam diri orang-orang yang kita sayangi. Film ini berusaha mengingatkan bahwa kekurangan mereka adalah bagian yang tak terpisahkan dari sisi mereka yang lebih baik. Dengan gaya komedi yang segar, eksentrik, namun menghibur, Little Miss Sunshine menyampaikan pesan penting bahwa harmoni tidak harus selalu dicapai lewat keadaan yang ideal.

Kalau kamu tertarik dengan alur dan jalan cerita film Little Miss Sunshine, jangan lupa untuk menambahkannya ke daftar tontonanmu, ya!

Sumber foto: Fox Searchlight Pictures

Sinopsis Film Little Miss Sunshine Review Film Little Miss Sunshine Akhir Cerita Film Little Miss Sunshine

What do you think?

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sinopsis Web Drama The Boy Next Door Episode 4

Sinopsis Web Drama The Boy Next Door Episode 4 – Bromance Choi Woo Shik & Jang Ki Yong

Review Sinopsis Film Shazam!, Movie Superhero Genre Komedi ala DC Universe