in

Review Sinopsis Film RV (2006), Liburan Kocak Keluarga Konyol di Atas Bis RV

Review Sinopsis Film RV 2006

Apa yang ada di bayanganmu saat mendengar kata liburan keluarga?

Sebagian besar orang mungkin akan berpikir bahwa liburan keluarga bisa menjadi ide yang menyenangkan. Tetapi, tidak demikian dengan Bob Munro dan keluarganya. Suatu hal yang terjadi di kantor Bob membuat ia dan keluarganya harus mengubah rencana liburan keluarga mereka ke Hawaii menjadi ke pegunungan Rocky di Colorado, Amerika Serikat.

Untuk memberi keluarganya pengalaman liburan yang berbeda, Bob juga menyewa sebuah bis RV sebagai transportasi yang mereka gunakan untuk menuju ke Colorado. RV adalah sebuah bis multifungsi yang pada bagian dalamya terdapat toilet, kasur, sofa kecil, serta lemari untuk menyimpan perabotan, termasuk alat-alat dapur. Liburan mereka pun berubah menjadi malapetaka karena berbagai hal yang tidak mereka duga.

RV merupakan film kerjasama perusahaan asal Amerika Serikat dan Jerman yang memang mengusung komedi sebagai genre utamanya. Judul lain dari film RV adalah Runaway Vacation. Film berdurasi 99 menit ini dijadwalkan rilis pada 28 April 2006 di negara asalnya.

Sejumlah perusahaan yang memproduksi film RV meliputi Columbia Pictures, Red Wagon Entertainment, Intermedia Films, Relativity Media, dan IMF Productions. Sementara itu, perusahaan yang menjadi distributor bagi film RV adalah Sony Pictures Releasing.

Review Sinopsis Film RV 2006

Film Runaway Vocation (RV) disutradarai oleh Barry Sonnenfeld, berdasarkan naskah film yang ditulis oleh Geoff Rodkey. Sedangkan, Lucy Fisher dan Douglas Wick berperan sebagai produser bagi film ini. Proses pengambilan gambar untuk film RV dilakukan di wilayah Vancouver, Kanada, dan Alberta selatan pada bulan Mei 2005. Tahap produksi film RV selesai pada Desember 2005.

Meski RV tak banyak mendapat sambutan tinggi dari para kritikus, film RV berhasil merajai box office setelah dirilis. Dengan biaya pembuatan sebesar $50 juta, film RV berhasil mengumpulkan pendapatan hingga mencapai $87,5 juta dari penayangannya di bioskop seluruh dunia sejak dirilis.

Para pemain film RV diantaranya Robin Williams yang berperan sebagai Robert “Bob” Munro, Cheryl Hines sebagai Jamie Munro, Joanna Levesque sebagai Cassie Munro, Erika-Shaye Gair sebagai Cassie Munro saat kecil, Josh Hutcherson sebagai Carl “Carlos” Munro, Jeff Daniels sebagai Travis Gornicke, Kristin Chenoweth sebagai Mary Jo Gornicke.

Lalu, ada pula Will Arnett yang berperan sebagai Todd Mallory, Hunter Parrish sebagai Earl Gornicke, Chloe Sonnenfeld sebagai Moon Gornicke, Alex Ferris sebagai Billy Gornicke, Barry Sonnenfeld sebagai Irv, Richard Ian Cox sebagai Laird, Rob LaBelle sebagai Larry Moiphine, serta Brian Markinson sebagai Garry Moiphine.

Penasaran dengan petualangan keluarga Munro saat menghabiskan liburan mereka menggunakan bis RV? Langsung saja kita simak sinopsis film RV berikut ini.

Sinopsis Film RV (2006)

Di awal film RV, terlihat Bob Munro sedang berusaha menidurkan Cassie, anak sulungnya yang masih kecil. Saat itu, Cassie mengatakan bahwa ia akan selalu menyayangi ayahnya bahkan meskipun saat ia sudah tumbuh dewasa.

Beberapa tahun kemudian, Cassie yang telah beranjak remaja berubah menjadi sosok yang sama sekali berbeda. Tak seperti dirinya saat masih kecil yang selalu bersikap manis pada ayahnya, Cassie adalah remaja yang sering bersikap sinis pada ayahnya. Begitu pula dengan anak kedua Bob, Carl, yang merupakan penggemar olahraga angkat beban dan musik hip hop yang meski tak sesinis Cassie, juga tak sebegitu akur dengan Bob. Sementara itu, istri Bob, Jamie, adalah sosok yang agak materialistis dan enggan melakukan pekerjaan yang berat.

Bob sendiri bekerja sebagai manajer di sebuah perusahaan minuman di negara bagian California, Amerika Serikat. Karirnya sukses dan keluarganya hidup dengan sejahtera. Meski begitu, sikap sinis yang diterima oleh Bob dari anggota keluarganya yang lain menjadi kekurangan dalam keluarga itu.

Di sebuah acara pesta kebun yang diselenggarakan oleh perusahaannya, Bob datang bersama seluruh anggota keluarganya dan Gretchen, teman Cassie yang kritis. Bos dari Bob, Todd Mallory, adalah sosok pria yang egois dan sombong.

Di tengah jalannya pesta, Gretchen menghampiri Todd. Ia lalu tiba-tiba menyiram wajah Todd dengan minuman produk perusahaan Bob. Gretchen mengatakan bahwa perusahaan Todd tak seharusnya menyuplai produk minumannya yang tidak sehat seperti itu ke sekolah-sekolah.

Todd terkejut dengan perilaku Gretchen. Mengetahui bahwa Gretchen adalah teman dari putri Bob, Todd pun berencana untuk memecat Bob. Namun, sebelum ia sempat melakukannya, ada sebuah rencana kerjasama bisnis yang akan dihadapi oleh perusahaannya.

Bob biasanya selalu menjadi orang andalan perusahaan itu untuk mengajukan proposal. Oleh karena itu, Todd mengurungkan niatnya untuk memecat Bob dengan syarat bahwa Bob harus mampu mewujudkan kerjasama dengan calon klien mereka di perusahaan Alpine Soda yang bertempat di Kota Boulder, Colorado, Amerika Serikat.

Mendengar ini, Bob menjadi panik karena ia dan keluarganya telah merencanakan liburan ke Hawaii. Untuk menutupi hal ini, Bob lalu berusaha meyakinkan keluarganya bahwa mereka lebih baik mengubah tujuan mereka ke Pegunungan Rocky.

Review Sinopsis Film RV 2006

Keluarganya sangat kecewa dan kesal pada Bob dengan perubahan rencana ini. Tetapi, Bob berusaha membuat mereka senang dengan menyewa sebuah bis RV sebagai kendaraan yang mereka gunakan untuk mencapai Colorado. Sayangnya, RV yang disewa Bob ternyata adalah sebuah RV aneh yang bermasalah dan agak tidak layak pakai.

Liburan keluarga Munro pun dimulai. Bob yang belum pernah berpengalaman mengemudikan sebuah bis RV awalnya kesulitan untuk mengarahkan kendaraan itu. Ia sempat menabrak tong sampah dan beberapa objek lain di pinggir jalan dekat rumah mereka.

Toilet dalam bis RV itu juga ternyata sudah penuh. Bob yang tidak tahu cara untuk menguras isinya dengan selang kemudian akhirnya dibantu oleh para pengguna RV lain di tempat istirahat untuk bis RV. Tetapi, mereka juga ternyata amatir. Ini akhirnya membuat isi toilet itu berhamburan keluar dan mengguyur Bob. Masalah itu kemudian diselesaikan oleh Travis Gornicke, pengguna bis RV yang sudah berpengalaman.

Di dalam bis RV itu juga ternyata bersembunyi beberapa ekor rakun yang menggigit. Bob yang sempat bergulat dengan para rakun itu akhirnya berhasil mengusir rakun-rakun itu dengan menggunakan bom yang mengeluarkan asap berbau. Alhasil, bis RV itu pun tidak bisa dimasuki hingga beberapa saat lamanya.

Malam itu, keluarga Munro basah kuyup karena tidak bisa masuk ke dalam bis dan akhirnya kehujanan. Mereka pun menginap di motel terdekat.

Review Sinopsis Film RV 2006

Di tengah perjalanan, keluarga Munro kembali bertemu dengan Travis serta keluarga Gornicke.  Travis dan istrinya, Mary Jo, memiliki tiga anak yaitu Earl, Moon, dan Billy. Earl nampak menyukai Cassie, sedangkan Carl juga tertarik pada Moon. Tetapi, sikap keluarga Gornicke yang aneh membuat keluarga Munro ingin menghindari mereka.

Review Sinopsis Film RV 2006

Sementara itu, sebelum pertemuan bisnis mereka dengan perusahaan Alpine Soda di Colorado berlangsung, Bob ditugaskan untuk membuat dan mengirim sebuah proposal bisnis. Bob yang masih menyembunyikan alasan sebenarnya mereka pergi ke Colorado dari keluarganya pun berusaha melakukannya secara diam-diam di toilet.

Celakanya, laptop itu lalu dicuri oleh seorang gelandangan. Bob akhirnya terpaksa mengetik ulang seluruh proposal itu dan mengirimkannya lewat ponselnya.

Review Sinopsis Film RV 2006

Sementara itu, keluarga Gornicke bertemu dengan gelandangan itu dan menyadari bahwa laptop yang dibawa adalah laptop milik Bob. Mereka pun berusaha mengejar keluarga Munro untuk mengembalikan laptop Bob yang mereka temukan.

Ketika mereka akhirnya sampai ke Colorado, keluarga Munro semakin bisa menikmati perjalanan mereka. Istri dan anak-anak Bob juga bersikap lebih ramah padanya.

Review Sinopsis Film RV 2006

Review Sinopsis Film RV 2006

Tetapi kemudian tiba hari pertemuan dengan perusahaan Alpine Soda. Bob pun berusaha menyelinap pergi dengan cara menyuruh keluarganya berjalan-jalan, sedangkan ia tidak ikut dengan alasan sakit.

Saat keluarganya sudah pergi, Bob lalu membawa bis RV mereka melewati jalanan terjal ke lokasi kantor Alpine Soda. Dalam pertemuan itu, presentasi Bob berhasil mengesankan pemilik Alpine Soda hingga meyakinkan mereka untuk menyatukan perusahaan mereka dengan perusahaan Bob. Tetapi, mereka ingin mengadakan pertemuan lanjutan keesokan harinya yang juga akan dihadiri oleh para karyawan Alpine Soda. Bob pun mulai memutar otak agar bisa kembali ke kantor itu keesokan paginya tanpa diketahui oleh keluarganya.

Dalam perjalanan pulang kembali ke lokasi perkemahan mereka, bis RV yang disewa oleh Bob sempat tersangkut di puncak sebuah bukit. Bob pun terpaksa memanjat ke bagian depan bis agar bis itu bisa meluncur ke depan. Meski sempat menemui sejumlah rintangan dalam perjalanan, Bob akhirnya bisa sampai ke lokasi perkemahan tepat sebelum keluarganya datang.

Review Sinopsis Film RV 2006

Keesokan harinya, bis RV yang remnya blong itu secara tak terduga meluncur masuk ke dalam danau. Bob akhirnya juga tanpa sengaja mengungkapkan tentang alasan sebenarnya ia mengajak mereka ke Colorado. Keluarga Bob pun menjadi marah karena merasa dibohongi.

Bob yang tidak punya waktu untuk menjelaskan lalu mengambil salah satu sepeda yang mereka bawa untuk pergi ke kantor Alpine Soda. Setelah kepergian Bob, tiba-tiba bis RV keluarga Gornicke muncul dan mereka pun menawarkan tumpangan pada keluarga Munro untuk menyusul Bob.

Di tengah perjalanan, sepeda Bob rusak dan ia pun terjatuh ke atas atap bis RV keluarga Gornicke. Travis pun segera menghentikan bis RV-nya. Saat melihat keluarganya, Bob akhirnya meminta maaf pada mereka. Keluarga Bob memaafkannya dan mereka sendiri juga merasa menyesal atas sikap mereka pada Bob.

Dalam pertemuan bisnisnya, Bob berusaha menyelamatkan perusahaan Alpine Soda dengan menyarankan agar mereka sebaiknya tidak bekerjasama dengan perusahaan Todd. Akhir film RV menampilkan pemilik Alpine Soda yang menawari Bob pekerjaan setelah ia dipecat oleh Todd.

Kesimpulan

Jalan cerita dalam film RV memang cenderung mudah ditebak. Tetapi, RV tetap bisa menjadi film yang menghibur dan menyenangkan untuk ditonton bersama seluruh anggota keluarga. Apalagi, film RV juga menyuguhkan penampilan dari aktor senior Robin Williams yang telah berulangkali sukses membintangi berbagai film dengan genre komedi sebelumnya. Film RV juga punya pesan yang bagus tentang pentingnya keterbukaan dan sikap saling mendukung di antara anggota keluarga.

Nah setelah membaca review film RV diatas, tak ada salahnya kamu mengajak keluargamu untuk menikmati film komedi RV ini bersama. Selamat menonton!

Sumber foto: Sony Pictures Releasing

What do you think?

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sinopsis The World of The Married Episode 11

Sinopsis The World of The Married Couple Episode 13

Review Sinopsis Film Saving Private Ryan (1998), Misi Istimewa Penyelamatan dalam Perang