in

Review Sinopsis Film Shazam!, Movie Superhero Genre Komedi ala DC Universe

Kisah Bocah Pemalu dengan Kekuatan 6 Dewa

Sinopsis Lengkap Film Shazam 2019. Sebagai studio besar di samping Marvel yang menciptakan berbagai karakter superhero terkenal, DC Films justru kerap dikritik karena film-fillmnya dipandang terlalu serius. Para penggemar menganggap bahwa DC semestinya bisa menyesuaikan atmosfer dalam film-filmnya agar sedikit lebih ceria dan menghibur, tanpa perlu kehilangan esensi dari cerita.

Oleh karena itu, DC Films pun mencoba membawa inovasi baru lewat film superhero-nya yang berjudul Shazam!. Di film Shazam, mereka menyisipkan banyak sekali elemen komedi yang membuat keseluruhan genre dari film ini berubah menjadi film superhero berpadu dengan komedi. Nyatanya, keputusan ini benar-benar disambut baik oleh para penonton di seluruh dunia.

Sejak dirilis pada pertengahan tahun 2019, film Shazam! menuai respon hangat baik dari kritikus maupun publik. Secara komersial, film ini berhasil meraup pendapatan box office secara internasional sebesar $366 juta dengan biaya pembuatan yang kurang lebih diperkirakan hanya seperempat dari jumlah itu.

Shazam menjadi film ketujuh yang diproduksi dalam DC Extended Universe, semesta sinematik milik DC Films yang terdiri dari seri film karakter-karakter superhero dari DC Comics dengan cerita yang saling berkaitan. Film ini pun disebut sebagai salah satu film produksi DC Films yang paling sukses di samping Aquaman dan Wonder Woman. Sekuel bagi film Shazam rencananya akan dijadwalkan rilis pada tanggal 4 November 2022 mendatang.

Film Shazam merupakan kerjasama antara DC Films dengan New Line Cinema dan The Safran Company. Sebagai distributor bagi film ini adalah Warner Bros. Pictures.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Setelah proyek ini resmi dimulai pada 2014, David F. Sanberg lalu pada akhirnya didapuk untuk duduk di kursi sutradara film Shazam! pada tahun 2017. Naskah film ini ditulis oleh Henry Gayden berdasarkan cerita yang ia kembangkan bersama Darren Lemke. Meski begitu, karakter Shazam! sendiri sebenarnya didasarkan pada seorang tokoh dari dunia superhero DC Comics bernama Captain Marvel yang dulu diciptakan oleh Bill Parker dan C. C. Beck.

Siapakah pemain Film Shazam? Ternyata Film Shazam! dibintangi oleh Asher Angel yang berperan sebagai Billy Batson, Zachary Levi sebagai Shazam, Mark Strong sebagai Dr. Thaddeus Sivana, Jack Dylan Grazer dan Adam Brody sebagai Frederick “Freddy” Freeman, Djimon Hounsou sebagai Penyihir Terakhir Shazam, Faithe Herman dan Meagan Good sebagai Darla Dudley, Grace Fulton dan Michelle Borth sebagai Mary Bromfield, Ian Chen dan Ross Butler sebagai Eugene Choi, Jovan Armand dan D. J. Cotrona sebagai Pedro Peña, Marta Milans sebagai Rosa Vasquez, serta Cooper Andrews sebagai Victor Vasquez.

Berikut adalah sinopsis lengkap film Shazam! 2019.

Sinopsis Lengkap Film Shazam 2019

Di awal cerita film Shazam!, kita akan langsung diperkenalkan dengan tokoh antagonis utama dalam film ini, yaitu Dr. Thaddeus Silva. Bagian pembuka ini memperlihatkan masa kecil Thaddeus sebagai anak aneh yang tidak akur dengan kakak dan ayahnya.

Dalam kilas balik tersebut, Thaddeus terlihat sedang duduk di bangku belakang dalam mobil yang sedang dikemudikan oleh ayahnya. Tiba-tiba sebuah kekuatan tak kasat mata seakan membawa Thaddeus pergi ke sebuah kuil ajaib yang berada di dunia lain, yaitu Rock of Eternity.

Di sana, ia berhadapan dengan Shazam, Penyihir Kuno yang merupakan anggota terakhir dari Dewan Penyihir. Dulu, Dewan Penyihir memberikan kekuatan ajaib pada satu “jawara” terpilih untuk membuat dunia manusia menjadi lebih baik.

Tetapi, berabad lalu, jawara terakhir yang mereka pilih ternyata mengkhianati kepercayaan dan melepas kekuatan hitam jahat Seven Deadly Sins. Shazam sudah berusaha mencari calon jawara selama beberapa abad lamanya untuk menggantikan dirinya. Tetapi, ia tak pernah bisa menemukan sosok manusia dengan hati yang cukup murni untuk bisa menggunakan kemampuan sihir itu secara bijak.

Thaddeus melihat bahwa di kuil itu ada Eye of the sin, kunci dari Seven Deadly Sins yang telah diperangkap oleh Shazam. Eye of the sin berbisik pada Thaddeus bahwa jika ia bersedia melepaskan mereka, maka Seven Deadly Sins akan menuruti perintahnya. Melihat reaksi Thaddeus yang tertarik dengan bujukan ini, Shazam pun urung memilih Thaddeus dan mengembalikannya ke dunia nyata,

Thaddeus yang merasa kesal lalu menyebabkan ayahnya kehilangan konsentrasi hingga mobil mereka mengalami kecelakaan. Ayah Thaddeus menjadi cacat. Tetapi, sejak saat itu, Thaddeus bertekad untuk bisa kembali lagi ke kuil itu dan membebaskan Seven Deadly Sins.

Cerita beralih ke masa sekarang dan memperkenalkan karakter utama Shazam!, Billy Batson. Billy adalah anak berusia 14 tahun yang  terpisah dari ibunya ketika ia masih kecil. Sejak itu, ia lalu selalu berusaha kabur dari rumah para orang tua angkatnya demi bisa bertemu dengan ibu kandungnya lagi.

Kini, Billy kembali ditempatkan ke rumah orang tua angkatnya yang baru, pasangan Victor dan Rosa Vasquez. Mereka adalah orang-orang baik yang juga mengadopsi lima anak lain, yaitu Mary, Pedro, Eugene, Darla, dan Freddy.

Billy tidur di kamar yang sama dengan Freddy. Ia berniat kabur lagi, tetapi kemudian ia perlahan mulai akrab dengan Freddy yang eksentrik. Freddy sendiri adalah penggemar kisah superhero.

Di sisi lain, Thaddeus yang berprofesi sebagai ilmuwan akhirnya bisa menemukan sebuah cara untuk kembali ke kuil Rock of Eternity. Di sana, ia lalu mencuri Eye of the Sin dan membiarkan tubuhnya menjadi medium bagi tempat bersemayamnya tujuh kekuatan jahat atau Seven Deadly Sins tersebut. Ia sempat melukai Shazam sebelum kembali lagi ke dunia nyata.

Thaddeus, yang selama ini memang tak pernah menyukai ayah dan kakaknya, lalu menggunakan kekuatan jahatnya untuk membunuh mereka berdua.

baca: Sinopsis Gundala Putra Petir 2019, Fakta Unik Film Superhero Besutan Joko Anwar

Sementara itu, Billy pun mulai berangkat ke sekolah yang sama dengan kelima saudara angkatnya yang lain. Meski ia sebenarnya masih enggan untuk membuka diri dengan saudara-saudaranya, ia tak bisa tinggal diam saat melihat Freddy dirundung oleh beberapa anak lain.

Billy pun melawan anak-anak yang mengganggu Freddy. Para perundung itu kemudian berbalik menyerang Billy untuk membalas dendam. Mereka mengejar Billy hingga akhirnya Billy berhasil lolos dengan naik ke sebuah kereta bawah tanah.

Kereta itu ternyata membawa Billy ke Rock of Eternity. Di sana, ia disambut oleh Shazam yang kembali menjelaskan pada Billy seperti yang ia jelaskan pada Thaddeus dulu.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Setelah melihat ketulusan hati Billy, Shazam memutuskan untuk memilih Billy sebagai jawara barunya. Ia memberi Billy kekuatan ajaib setiap kali Billy mengucapkan kata “Shazam!” yang akan mengubah wujudnya menjadi superhero dewasa.

Walaupun Billy masih kebingungan, Shazam tiba-tiba telah lenyap dari hadapannya. Ia hanya meninggalkan sebuah tongkat ajaib di dekat tempatnya berada sebelumnya.

Billy, yang masih terjebak dalam wujud pria dewasa, lalu kembali pulang ke rumah keluarga Vasquez. Di sana, ia mengetuk jendela kamarnya dan Freddy. Billy kemudian menceritakan pada Freddy tentang kejadian yang baru dialaminya. Freddy mempercayai cerita Billy dan bahkan terkesan dengan wujud dan kekuatan baru Billy.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Freddy lalu membantu Billy untuk mempelajari kekuatan barunya ini. Meski berwujud pria biasa pada saat menjadi superhero, tingkah Billy tak ubahnya seperti remaja yang sering berperilaku konyol.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Sayangnya, lama kelamaan kekuatan Billy ini membuatnya mulai mengabaikan sekolah setelah ia kian terkenal lewat media sosial. Ia menikmati ketenaran dan uang yang ia dapat dengan membuat pertunjukan jalanan. Hubungan Billy dan Freddy pun semakin merenggang.

Suatu hari, saat Billy tanpa sengaja nyaris mencelakai satu bis penuh dengan penumpang, Thaddeus tiba-tiba muncul di hadapannya. Mereka bertarung dan Billy yang masih belum sepenuhnya menguasai kekuatannya, nyaris gagal meloloskan diri jika bukan berkat kemampuan terbangnya.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Di sisi lain, pencarian Billy untuk menemukan ibu kandungnya menemukan titik terang. Ia mendapatkan alamat apartemen yang ditinggali ibunya saat itu.

Namun, ketika Billy datang ke sana, ibunya justru nampak tidak nyaman. Rupanya, bertahun-tahun lalu ibu Billy memang sengaja meninggalkannya karena merasa tak mampu membesarkan Billy sebagai orang tua tunggal di usia yang masih sangat muda. Billy pulang dengan rasa kecewa yang dalam.

baca: Review Sinopsis Film John Wick 3 : Parabellum, Pertarungan Setelah Menjadi Buronan

Meski begitu, saat Billy pulang, ia amat terkejut saat melihat bahwa Thaddeus ada di dalam rumah Vasquez. Tak hanya itu, Thaddeus bahkan menawan semua saudara angkat Billy.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Thaddeus mengatakan jika Billy tak ingin mereka terluka, maka ia harus ikut dengan Thaddeus ke Rock of Eternity. Billy pun setuju.

Di Rock of Eternity, Thaddeus meminta Billy untuk memindahkan kekuatan yang diberikan Shazam pada Thaddeus dengan menggunakan tongkat ajaib yang ditinggalkan oleh Shazam. Tetapi, sebelum hal itu sempat terjadi, saudara-saudara Billy datang untuk menyelamatkannya.

Mereka memasuki portal ajaib yang membawa mereka ke sebuah acara karnaval. Thaddeus mengikuti mereka ke sana.

Thaddeus kemudian melepaskan tujuh kekuatan jahat dalam dirinya untuk membuat kekacauan di tempat itu. Seluruh pengunjung karnaval menjadi panik dan berhamburan.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Billy lalu teringat bahwa seperti Shazam, ia pun sebenarnya bisa membagi kekuatan ajaibnya dengan para saudaranya. Dengan menggunakan tongkat ajaib milik Shazam, ia pun mengubah kelima saudaranya menjadi versi superhero dewasa dari masing-masing mereka. Billy lalu menghancurkan tongkat ajaib Shazam agar tak bisa lagi disalahgunakan.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Keenam superhero itu lalu berusaha menyelamatkan para pengunjung karnaval dari enam kekuatan jahat Thaddeus. Sementara itu, Billy berhadapan dengan Thaddeus sendiri.

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

Billy menyadari bahwa di dalam diri Thaddeus, terdapat kekuatan jahat ketujuh. Billy lalu menjebak kekuatan jahat itu agar mau meninggalkan tubuh Thaddeus. Begitu ia keluar, Billy lalu mencabut Eye of the Sin dari kepala Thaddeus dan memenjarakan kembali seluruh Seven Deadly Sins.

Di akhir cerita film Shazam!, Billy dan saudara-saudaranya kini menjadikan Rock of Eternity sebagai markas superhero mereka. Billy pun akhirnya menerima kehidupan barunya sebagai bagian dari keluarga Vasquez.

baca: Review, Sinopsis Film Glass: Psikologi Thriller dan Teka Teki Superhero

Kesimpulan

Seperti film-film superhero produksi Marvel yang seringkali menampilkan kelucuan tersendiri dalam aksi mereka, Shazam! adalah film komedi superhero versi DC Films yang tak kalah menghibur. Karakter Shazam! seakan berusaha menunjukkan bahwa siapapun juga bisa menjadi pahlawan jika mereka memiliki hati yang cukup baik untuk membawa perubahan positif.

Jika kalian tertarik dengan ulasan dan review film Shazam! diatas, maka tak ada salahnya jika memasukkan film ini kedalam daftar rekomendasi film terbaik yang wajib ditonton untuk menemani hari rebahanmu.

Sumber foto: New Line Cinema

Pemeran Pemain Review Sinopsis Film Shazam 2019 Movie, Jadwal Rilis dan Cerita Lengkap

What do you think?

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ulasan, Akhir Cerita, Ending Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine

Review Sinopsis Film Little Miss Sunshine (2006), Drama Tema Keluarga yang Menyentuh dan Inspiratif

Sinopsis The World of The Married Episode 11

Sinopsis The World of The Married Episode 12