Review Sinopsis Film Green Book, Film Kisah Rasisme Peraih 3 Piala Oscar Tahun 2019


1
2 shares, 1 point
Review Sinopsis Film Green Book

Review Sinopsis Film Green Book (2018) – Bagi Anda penggemar kisah yang anti mainstream dan bukan sekedar drama biasa, Anda wajib menonton film satu ini. Green Book sendiri masuk dalam 5 nominasi Oscar tahun 2019 dalam berbagai kategori. Mulai dari nominasi Film Terbaik, Naskah Terbaik, Editing Terbaik, Aktor Terbaik, hingga yang tidak kalah yakni nominasi Aktor Pendukung Terbaik.

Pulang dengan membawa 3 Piala Oscar 2019 dari 5 nominasinya tentu menjadi bukti tersendiri jika Green Book adalah salah satu film bagus yang wajib ditonton oleh para moviefreak. Lalu seperti apa sinopsis film Green Book? Mari, simak ulasannya berikut ini!

Detail Film

  • Sutradara : Peter Farrelly
  • Musik : Kris Bowers
  • Sinematografi : Sean Porter
  • Production company : Participant Media, DreamWorks Pictures, Innisfree Pictures, Cinetic Media, Alibaba Pictures
  • Distributor : Universal Pictures
  • Tanggal Rilis : 11 September 2018 (TIFF), 21 November 2018 (United States)
  • Durasi : 130 minutes
  • Negara Asal : United States
  • Rating IMDB ” 8.1 / 10

baca: Film Sinkhole 2020: Movie Komedi Terbaru Dibintangi Lee Kwang Soo, Na Da Reum, Cha Seung Won, Kim Sung Kyun

Sinopsis Film Green Book

Film Green Book

Green Book mulai diceritakan saat seorang penjaga Night Club Copacabana yang ada di New York bertemu dengan seorang pianis kulit hitam yang terkenal. Penjaga yang bernama Tony “Lip” Vallelonga ini menganggur karena club dimana ia bekerja direnovasi dan tutup. Suatu hari, ia bertemu Don Shirley. Sang pianis jazz kelas dunia berkulit hitam yang sedang mencari supir untuk tour delapan minggunya dari Manhattan ke Deep South.

Akhirnya, Tony yang berkulit putih bekerja untuk Don sebagai supir dan boydguard. Mereka memulai perjalanan tour tersebut menggunakan panduan buku The Negro Motorist Green Book.

Ternyata Green Book bukan asal judul. Arti untuk Buku hijau tersebut memang digunakan untuk orang keturunan Afrika dan Amerika atau yang disebut kulit hitam agar dapat menemukan tempat aman. Bisa dibilang, buku inilah yang menjadi “kompas” para pelancong kulit hitam kala mereka melakukan perjalanan ke daerah berbahaya yang penuh dengan rasisme dan diskriminasi. Inilah yang juga diceritakan dalam film Green Book dan yang juga dialami oleh Tony serta Don selama mereka melakukan perjalanan tour.

Di sepanjang jalan, mereka banyak menemui kejadian demi kejadian lantaran sikap rasisme. Melalui film Green Book, sobat dapat melihat bagaimana kuatnya rasisme di Amerika pada tahun 1960-an. Jadi meski terkenal, namun Don Shirley pada masa itu masih sering mendapat perlakukan buruk dari orang-orang kulit putih yang berjumpa dengannya.

baca: Sinopsis Gundala Putra Petir 2019, Fakta Unik Film Superhero Besutan Joko Anwar

Tony lah yang selalu ada untuk Don. Salah satu penggambaran adegan rasis yakni kala Tony dan Don Shirley masuk ke sebuah tailor di kawasan Georgia. Tony menunjukkan setelan untuk Don namun sang penjahit mengira jika Tony yang akan mengenakannya. Namun kala tahu jika setelan itu dikenakan Don Shirley, sikap hangat sang penjahit berubah menjadi asing. Ujungnya, Don Shirley tidak diijinkan mengenakan setelan itu.

Pemain Film Green Book

Film pemenang Academy Awards ke 91 ini disutradarai oleh Peter Farrelly. Tidak hanya itu, naskah film yang menang salah satu penghargaan Golden Globe Awards 2019 dan Producers Guild Awards tahun 2019 ini ditulis langsung oleh anak Tony Vallelonga, Nick.

Sang anak yang tumbuh mendengar kisah perjalanan Tony dengan Don Shirley tentu tahu betul bagaimana jalan ceritanya. Ia bersama sang sutradara lantas menceritakan kisah ini dari sudut pandang orang kulit putih. Film berdurasi 2 jam 10 menit ini sendiri diperankan oleh Viggo Mortensen sebagai Tony Vallelonga dan Mahershala Ali sebagai Don Shirley.

baca: Review Sinopsis Film Insidious The Last Key (2018): Kembalinya Sang Iblis

  • Viggo Mortensen memerankan Frank “Tony Lip” Vallelonga
  • Mahershala Ali memerankan Don Shirley
  • Linda Cardellini memerankan Dolores Vallelonga
  • Sebastian Maniscalco memerankan Johnny Venere
  • Dimiter D. Marinov memerankan Oleg
  • Mike Hatton memerankan George
  • P.J. Byrne memerankan Record Executive Producer
  • Iqbal Theba memerankan Amit
  • Joe Cortese memerankan Gio Loscudo
  • Von Lewis memerankan Bobby Rydell
  • Don Stark memerankan Jules Podell
  • Anthony Mangano memerankan Copa Bouncer Danny
  • Frank Vallelonga memerankan Rudy Vallelonga
  • Randal Gonzalez memerankan Gorman

Official Trailer

Fakta Unik Film Green Book

baca: Sinopsis Film After (2019), Review Cerita Adaptasi Wattpad Terlaris

Selain isu rasisme, yang menjadi daya tarik dalam membahas sinopsis film Green Book adalah kisah nyata yang menyertainya. Tony dan Don Shirley benar-benar hidup dan bersahabat seperti yang diceritakan. Namun, sifat keduanya berbeda. Tony yang penjaga club memiliki sikap kasar dan gegabah, sedangkan Shirley yang seorang pianis kelas dunia memiliki sikap tenang dan sabar.

Akhirnya, banyak konflik antara keduanya lantaran kesalahpahaman. Namun lambat laun, Tony mampu mengubah sikapnya untuk memahami Don dan menurunkan egonya. Don Shirley pun mengajari Tony cara menulis puisi dan cara mengirim surat ke keluarganya.

Demikian ulasan sinopsis film barat Green Book. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

1
2 shares, 1 point

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals