in

Review Sinopsis Film Parasite (2019), Thriller Kritik Sosial Yang Juarai Oscar 2020

Tak perlu lagi ditanya, film apa yang merajai ajang penghargaan The Academy Awards ke-92 atau Oscars tahun ini. Bahkan sebelum Oscars digelar, Parasite menjadi salah satu judul film yang paling banyak diperbincangkan dan disambut hangat oleh para penggemar film sejak penghujung tahun 2019.

Secara komersial, film Parasite mencetak sejarah dalam perfilman Korea Selatan sebagai film dengan pendapatan box office tertinggi secara internasional yakni sebesar $266 juta, dibanding biaya pembuatannya yang menelan $11,4 juta.

Parasite, yang dalam judul bahasa aslinya Gisaengchung, adalah sebuah film bergenre komedi thriller produksi Korea Selatan. Film berdurasi 132 menit ini diputar secara publik di bioskop Korea Selatan sejak 30 Mei 2019. Parasite diproduksi oleh Barunson E&A, sedangkan CJ Entertainment menjadi distributor bagi film ini.

Duduk di bangku sutradara film Parasite adalah Bong Joon-ho, salah satu sutradara terkemuka dalam perfilman kontemporer Korea Selatan. Bersama Han-ji Won, ia juga mejadi penulis naskah bagi film ini. Meskipun, hampir sebagian besar cerita dalam film Parasite berasal dari ide orisinal Bong Joon-ho sendiri yang terinspirasi dari pengalamannya dulu saat menjadi tutor privat bagi seorang anak dari keluarga kaya di masa mudanya.

Para pemain dalam film Parasite, meliputi Song Kang-ho sebagai Kim Ki-taek, Lee Sun-kyun sebagai Park Dong-ik, Cho Yeo-jeong sebagai Choi Yeon-gyo, Choi Woo-shik sebagai Kim Ki-woo, Park So-dam sebagai Kim Ki-jung, Lee Jung-eun sebagai Gook Moon-gwang, Jang Hye-jin sebagai Chung-sook, Park Myung-hoon sebagai Oh Geun-sae, Jung Ji-so sebagai Park Da-hye, Jung Hyeon-jun sebagai Park Da-song, Park Geun-rok sebagai Yoon, serta Park Seo-joon sebagai Min-hyuk.

Film Parasite menceritakan tentang keluarga Kim, sebuah keluarga miskin yang beranggotakan empat orang. Mereka menyusun rangkaian rencana jahat yang sistematis dengan berpura-pura tidak saling mengenal agar setiap anggota keluarga itu bisa dipekerjakan oleh Keluarga Park yang kaya. Satu demi satu rencana mereka berhasil tanpa disadari oleh keluarga Park yang tidak mudah curiga. Tetapi, ketika sebuah rahasia mengerikan di rumah keluarga Park terungkap, keluarga Kim berusaha menemukan segala cara agar penipuan mereka tidak terbongkar.

Berikut adalah sinopsis film Parasite.

Sinopsis Film Parasite

Film Parasite diceritakan dari sudut pandang keluarga Kim. Mereka adalah keluarga miskin yang terdiri dari empat orang anggota, Kim Ki-Taek sebagai ayah, Chung-sook sebagai ibu, Kim Ki-woo sebagai putra, dan Kim Ki-jung sebagai putri keluarga itu.

Keluarga Kim tinggal di sebuah apartemen semi-rubanah sangat kecil yang kotor dan tidak layak huni. Mereka bekerja serabutan sebagai pelipat kardus pizza dan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Suatu hari, Min-hyuk, salah satu teman Ki-woo yang merupakan seorang mahasiswa mengajaknya bertemu. Ternyata, Min-hyuk akan pergi kuliah ke luar negeri. Min-hyuk memberi Kevin sebuah batu yang menurutnya bisa mendatangkan kekayaan. Ia juga menawari Ki-woo untuk menggantikan posisinya sebagai tutor privat mata pelajaran Bahasa Inggris bagi Da-hye, putri dari keluarga Park yang kaya.

Ki-woo berterimakasih pada Min-hyuk dan ia pun menerima tawaran itu. Keesokan paginya, ia datang ke rumah keluarga Park. Di sana, ia memperkenalkan dirinya sebagai seorang mahasiswa sebuah universitas bernama Kevin.

Saat akan pulang, Ki-woo lalu melihat lukisan putra bungsu di keluarga Park, Da-song. Menyadari bahwa keluarga Park berani membayar mahal untuk jasa yang mereka gunakan, Ki-woo melihat lukisan Da-song sebagai peluang untuk merekomendasikan Ki-jung.

Ki-Woo berpura-pura bahwa Ki-jung adalah salah satu kenalannya saat di luar negeri yang ahli di bidang seni.

Ki-jung memperkenalkan diri sebagai Jessica, lulusan University of Chicago yang bekerja sebagai terapis seni profesional. Ia lalu berusaha merekomendasikan Ki-taek, dengan berpura-pura bahwa Ki-taek adalah kerabat jauhnya, untuk bekerja sebagai supir keluarga Park dengan cara memfitnah supir yang bekerja pada keluarga Park saat itu agar dipecat.

Setelah tiga orang anggota keluarga itu berhasil menyusup sebagai pegawai di rumah keluarga Park, mereka lalu berencana menyingkirkan pelayan setia di keluarga itu, Moon-gwang, dan menggantinya dengan Chung-sook.

Untuk itu, mereka kembali berusaha memfitnah Moon-gwang dengan cara menjadikan alergi Moon-gwang terhadap buah pir sebagai gejala penyakit TBC yang menular. Rencana jahat mereka yang rapi akhirnya berhasil meyakinkan keluarga Park dan Moon-gwang pun dipecat lalu diganti dengan Chung-sook.

Mereka terus memainkan peran mereka masing-masing dengan berpura-pura tidak mengenal satu sama lain. Hari demi hari, keluarga Kim pun mulai bisa menikmati upah mereka yang besar dari bekerja pada keluarga Park. Tetapi, terkadang Da-song menyadari bahwa bau badan keempat orang itu hampir sama.

Suatu hari, keluarga Park berencana untuk pergi berkemah. Keluarga Kim melihat hal ini sebagai kesempatan untuk bisa berkumpul dan menikmati seluruh fasilitas di rumah keluarga Park dengan leluasa. Sementara itu, di luar rumah mewah itu, hujan turun dengan derasnya.

Di saat mereka sedang berfoya-foya, tiba-tiba terdengar suara bel di pintu. Ternyata, tamu tak diundang itu adalah Moon-gwang yang memohon agar dibiarkan masuk untuk mengambil barang pribadinya yang tertinggal di rumah keluarga Park.

Keluarga Kim yang panik lalu cepat-cepat bersembunyi, sementara Chung-sook membukakan pintu bagi Moon-gwang. Moon-gwang mengatakan bahwa barang itu ia simpan di bagian bawah rumah dan Chung-sook pun dengan berat hati membiarkannya masuk.

Tetapi, Moon-gwang menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam rubanah. Keluarga Kim pun menjadi curiga. Chung-sook berusaha melihat apa yang sebenarnya dilakukan oleh Moon-gwang di bagian bawah rumah itu dengan ikut turun langsung ke balik pintu yang ternyata mengarah ke sebuah bungker rahasia.

Moon-gwang ternyata menyembunyikan suaminya, Geun-sae, di bungker rahasia itu selama bertahun-tahun ia bekerja untuk menghindarkan suaminya dari lintah darat yang mencarinya. Chung-sook lalu menolak permintaan Moon-gwang untuk tidak memberitahu hal ini pada keluarga Park.

Tetapi, anggota keluarga Kim lain yang sedang menguping pun tanpa sengaja jatuh ke dalam bungker. Moon-gwang segera menyadari penipuan keluarga Kim dan dengan cepat merekam video keluarga Kim yang terbelit satu sama lain. Moon-gwang lalu mengancam akan menunjukkan video itu pada keluarga Park jika keluarga Kim tidak menuruti perintahnya.

Perkelahian lalu terjadi di antara keluarga Kim serta Moon-gwang dan suaminya, hingga akhirnya Moon-gwang meninggal. Setelah perkelahian itu, mereka lalu menerima telepon dari keluarga Park yang mengatakan bahwa karena cuaca yang buruk, mereka tidak jadi berkemah dan akan pulang lebih awal.

Keluarga Kim menjadi panik dan berusaha sebaik mungkin menyembunyikan segala kerusuhan yang telah terjadi. Mereka menyembunyikan Geun-sae dan Moon-gwang di dalam bungker. Sementara Chung-sook menyiapkan makanan untuk keluarga Park, anggota keluarga yang lain dengan panik bersembunyi di bawah meja saat keluarga Park datang.

Keadaan menjadi begitu mendebarkan karena keberadaan mereka bisa diketahui kapanpun. Mereka lalu tanpa sengaja mendengar Mr. Park berkomentar tentang bau badan Ki-taek yang tidak enak.

Akhirnya, setelah seluruh anggota keluarga Park tertidur, Ki-taek, Ki-woo, dan Ki-jung mendapat kesempatan untuk menyelinap pergi. Mereka kabur di tengah hujan yang mengguyur deras.

Ketiganya pulang dan mendapati bahwa rumah mereka telah terendam banjir parah. Mereka pun akhirnya terpaksa mengungsi di sebuah bangunan gelanggang olahraga besar bersama para pengungsi lain.

Keesokan paginya, Mrs. Park tiba-tiba menelepon dan mengatakan bahwa ia akan menyelenggarakan sebuah pesta ulang tahun untuk Da-song. Ia menyuruh Jessica, Kevin, dan Ki-taek untuk datang dan membantu persiapan pesta itu dengan janji mendapat upah biaya lembur.

Mereka pun datang ke rumah keluarga Park. Ki-taek membantu Mrs. Park berbelanja berbagai barang untuk kebutuhan pesta di supermarket.

Sementara itu, Ki-woo diam-diam berniat untuk menyelesaikan hal yang belum sempat mereka tuntaskan di hari sebelumnya, yaitu melenyapkan Geun-sae. Ia lalu pergi ke bungker dengan membawa batu besar hadiah dari Min-hyuk. Namun, Geun-sae ternyata lebih siap dari Ki-woo dan ia pun menyerang kepala Ki-woo dengan batunya hingga pingsan.

Geun-sae pergi menuju ke tengah penyelenggaraan pesta dengan membawa pisau dapur. Ia lalu menyasar Ki-jung yang sedang membawa kue ulang tahun untuk Da-song dan menikamnya dengan pisau itu hingga Ki-jung terluka amat parah. Melihat ini, Ki-taek lalu segera berlari menghampiri Ki-jung untuk menghambat keluarnya aliran darah.

Chung-sook lalu menyerang Geun-sae. Mereka sempat saling bergulat sebelum akhirnya Chung-sook berhasil menusuk Geun-sae hingga meninggal dengan tongkat pemanggang Barbeque.

Sementara itu, Da-song yang melihat hal ini menjadi panik hingga pingsan. Mr. Park berusaha meminta kunci mobil dari Ki-taek yang untuk beberapa lama, menjadi terhenyak setelah melihat kondisi Ki-jung dan berbagai kerusuhan yang terjadi di sekitar mereka.

Ki-taek berusaha melempar kunci mobil itu, namun kunci itu jatuh di balik punggung Geun-sae yang sekarat. Mr. Park berusaha mengambil kunci itu dari balik punggung Geun-sae. Namun, ia lalu nampak menutup hidungnya karena tidak tahan dengan bau badan Geun-sae.

Melihat hal ini, entah mengapa Ki-taek merasa begitu kesal. Ia lalu bangkit dan mengambil pisau dapur yang sebelumnya digunakan oleh Geun-sae dan menusuk Mr. Park tepat di dadanya.

Beberapa minggu setelah kejadian itu, Ki-woo terbangun pasca menjalani operasi. Ki-taek yang kini menjadi buronan bersembunyi di bungker yang sama tempat Geun-sae bersembunyi.

Di akhir film, Ki-woo nampak mengirimkan sebuah pesan morse pada ayahnya yang mengatakan bahwa ia akan mengumpulkan uang agar suatu hari bisa membeli rumah mewah itu dan mengeluarkan ayahnya dari sana.

Demikian lah ulasan dan sinopsis film Parasite.

Parasite memang merupakan salah satu film paling fenomenal pada tahun 2019 lalu. Film ini membawa pulang penghargaan tertinggi di Oscars sebagai Best Picture, menjadikannya film berbahasa asing pertama dalam sejarah yang memenangkan kategori tersebut. Parasite juga memenangkan tiga kategori lain, yaitu Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Feature Film, dari enam nominasi yang diterimanya.

Tak hanya di Oscars, film Parasite juga banyak dinobatkan oleh kritikus sebagai film terbaik di tahun 2019 serta salah satu yang terbaik di era 2010-an. Saat dirilis di Festival Film Cannes 2019, film Parasite meraih penghargaan paling bergengsi di festival itu, yakni Palme d’Or.

Sumber foto: CJ Entertainment

What do you think?

100 points
Upvote Downvote

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Diary of a Wimpy Kid (2010), Susahnya Beranjak Remaja

Review Sinopsis Film Diary of a Wimpy Kid: Rodrick Rules (2011), Permusuhan Lucu Antar Kakak Adik